All posts by yoyok

23Oct/20

Webinar MOCo: Penerapan Riset Operasi pada Industri dengan Motode Metaheuristik

Kelompok Riset MOCo (Mathematical Optimization and Computation) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember selenggarakan webinar dengan tema Penerapan Riset Operasi pada Industri Menggunakan Metode Metaheuristik dengan pembicara Wayan Firdaus Mahmudy, M.T., Ph.D. yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya¬†(22/10). “Permasalahan apa saja pada industri yang sering terjadi, diantaranya jobshop atau flowshop. Semua akan kita bahas dalam webinar kali ini” awalnya di hadapan 194 peserta dari 21 instansi yang menggunakan layanan zoom juga streaming youtube. Lebih lanjut Wayan menjelaskan mengenai solusi dari permasalahan tersebut mulai dari solusi analitik, numerik hingga metaheuristik. “Adapun metode metaheuristik yang digunakan sebagai contoh adalah algoritma genetik, PSO dan beberapa algoritma lainnya” lanjutnya. Disampaikan juga beberapa contoh permasalahan diantaranya penjadwalan kuliah fakultas, penjadwalan tenaga kesehatan, komposisi pakan ternak potong hingga forecasting: penentuan model. Continue reading

16Sep/20

Pengenalan Dosen dan Staf Matematika serta Perwalian MABA 2020 secara Daring

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, pengenalan dosen dan staf Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember serta perwalian mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 dilaksanakan secara daring (15/9). HIMATIKA sebagai host acara memperkenalkan dosen pengajar program studi sarjana matematika dan staf jurusan matematika kepada 121 mahasiswa baru. Kusbudiono, S.Si., M.Si. Ketua Jurusan Matematika FMIPA berharap meski secara daring, mahasiswa baru bisa mengenal seluruh dosen dan tendik yang berada di lingkungan Matematika. “Melalui media daring ini diharapkan mahasiswa baru bisa mengenal dosen yang mengajar mendampingi¬†Anda semua hingga lulus dari Jurusan Matematika.” ungkapnya. Tiap dosen pun memperkenalkan diri dengan memberikan pesan kepada seluruh maba. Dr. Agustina Pradjaningsih diantaranya, berharap agar euforia maba yang telah diterima di PTN khususnya Universitas Jember untuk dijadikan semangat baru untuk mengawali perkuliahan. Continue reading

19Aug/20

Webinar Series #2 Statistical and Computational Inverse Problem with Application

Kelompok Riset Data Science Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember kembali selenggarakan Webinar Series #2 : Statistical and Computational Inverse Problem with Application (19/8). M. Ziaul Arif, S.Si, M.Sc. sebagai narasumber menyampaikan bahwa invers problem banyak muncul pada bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. “Pada dasarnya, invers problem menggunakan pengukuran nyata dari parameter yang diamati untuk menyimpulkan nilai dari suatu parameter model” ujar Ph.D. candidate on Computational Physics, Mathematics, and Inverse Problem, Dept. of Applied Physics, Faculty of Science and Forestry, University of Eastern Finland. Ziaul melanjutkan bahwa invers problem dalam hal ini merekonstruksi dua koefisien independent (bebas). “Dua koefisien independent dalam sistem reaksi difusi dari pengukuran akhir dengan menggunakan dua persamaan” lanjutnya yang menyampaikan materi daring dari Kuopio, sebuah kota besar dan pusat budaya Finlandia Timur dan Tengah. Continue reading

02Jul/20

Magister Matematika FMIPA UNEJ raih Akreditasi “B” dari BAN-PT

Setelah dilakakukan asesmen lapang pada 18-19 Juni 2020 yang lalu, Program Studi Magister Matematika FMIPA Universitas Jember meraih Akreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 3738/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2020. Asesment lapang dilakukan berbeda tidak seperti pada tahun sebelumnya, karena pelaksanaannya dengan daring dikarena Indonesia dalam masa pandemi. Semua kelengkapan dipersiapkan dalam bentuk softcopy yang diunggah di kawanda Universitas Jember. Kedua asesor juga melakukan tatap muka dengan penyelenggara program studi, tenaga pendidik, mahasiswa, stakeholder dan alumni juga secara daring. Continue reading