Diskusi Mahasiswa di Open Talk HIMATIKA 2016

DSCN8017Open Talk yang merupakan agenda tahunan dari  Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) berlangsung di Ruang Kuliah Lantai Atas Gedung Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember (10/11). Acara yang bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Jember ke-52 dan Hari Pahlawan ini mengambil tema “Care to Share for Better Future”. Seperti tahun sebelumnya open talk berformat lesehan, diharapkan wadah ini mampu menjadikan jembatan penghubung antara mahasiswa, dosen, tenaga administrasi teknisi dan pihak pengelola Jurusan Matematika. Diikuti semua mahasiswa Jurusan Matematika mulai angkatan 2013 hingga mahasiswa baru yaitu angkatan 2016.

Hadir dalam Open Talk kali ini Pembantu Dekan II FMIPA yang juga staf pengajar Jurusan Matematika Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si., Ketua Jurusan Matematika Kusbudiono, S.Si., M.Si., Sekretaris Jurusan Matematika Ahmad Kamsyakawuni, S.Si., M.Kom. dan beberapa staf pengajar di Jurusan Matematika diantaranya : Prof. Drs. Kusno, DEA., Ph.D.,  Prof. Drs.I Made Tirta, M.Sc., Ph.D., Dr. Mohamat Fatekurohman, S.Si., M.S.i., Dian Anggraeni, M.Si., M. Ziaul Arif, S.Si., M.Sc., Ikhsanul Halikin, S.Pd., M.Si. dan Abduh Riski, S.Si., M.Si. Juga beberapa staf tenaga kependidikan di Jurusan Matematika. Selanjutnya acara dibagi menjadi 3 sesi tanya jawab, yang pengaturan pengajuan pertanyaan berdasar tiap Angkatan.

Pada sesi awal, ada beberapa pertanyaan yang diajukan diantara permasalahan keamanan parkir, kenyamanan taman, listrik dan banyaknya pengakses hotspot/wifi di gasebo Jurusan Matematika, fasilitas kamar mandi mahasiswa dan kondisi perpustakaan jurusan. Pembantu Dekan II FMIPA menjawabnya bahwa untuk keamanan parkir mahasiswa selain tanggung jawab pihak fakultas keamanan juga menjadi tanggung jawab masing – masing pemilik kendaraan itu sendiri, untuk taman pengelola ada pada pihak dekanat dan sepenuhnya didukung oleh jurusan, masalah listrik akan dianggarkan untuk memperbaikinya dan kamar mandi Ketua Jurusan Matematika menyampaikan penyebabnya adalah adanya salah satu jalur pembuangan yang bermasalah dan itu perlu pembenahan khusus karena ada di lantai 2. Dan proses perbaikannya juga akan dikonsultasikan pihak Sub bagian Umum dan Perlengkapan FMIPA Universitas Jember.

Prof. Kusno memberi masukan bahwa kurangnya minat dari mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan yang ada di Jurusan Matematika. Diharapkan dengan fasilitas tersebut, mahasiswa benar-benar menggunakan sebaik-baiknya dengan secara rutin datang dan membaca buku – buku yang tersedia. Karena menurut beliau sebagian buku tersebut tidak ada di internet yang mungkin saat ini menjadi rujukan bagi mahasiswa dalam mencari referensi bahan untuk kuliah. Wejangan juga diberikan oleh Prof Kusno, PD II FMIPA Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si. dan Kajur Matematika kepada seluruh mahasiswa untuk mampu menyelesaikan studi tepat waktu dan juga mampu berprestasi dengan berbagai kegiatan salah satunya PIMNAS. Pihak jurusan dan fakultas juga selalu siap membantu segala lomba atau kegiatan di tingkat regional dan nasional dengan mempersiapkan pembekalan hingga ke urusan transportasi akomodasi asal mahasiswa mampu berprestasi.

Pertukaran Mahasiswa juga menjadi pertanyaan di sesi selanjutnya. Jurusan Biologi yang menjadi rujukan pertukaran mahasiswa diharapkan menjadi model karena pihak fakultas MIPA tengah menjajaki di beberapa negara di Eropa untuk menyelenggaraan student exchange tersebut. Akreditasi Jurusan Matematika juga disinggung di Open Talk 2016 ini, Ketua Jurusan Matematika menyampaikan bahwa proses reakreditasi telah diajukan semenjak Desember 2015 dan akan ada visitasi dari BAN-PT pada 26-27 Nopember 2016. Diharapkan mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan akreditasi itu, karena mahasiswa juga unsur penentu dalam keberhasilan dalam meraih nilai A dalam suatu proses akreditasi. Diberitahukan juga bahwa akan dibuka Program Studi baru yaitu Program Studi Statistika dan juga menyusul Program Studi Doktoral (S3) Matematika. (dokumentasi)

Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *