Workshop Desain Web dan Programming

DSCN0022Bertempat di Laboratorium Dasar Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember diadakan Workshop Desain Web dan Programming untuk mahasiswa yang sedang menempuh skripsi pada tahun akademik 2017/2018 pada Sabtu-Minggu (16-17 September 2017). “Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberi sangu kepada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi, agar nanti pada saat lulus dari sini memiliki nilai lebih khususnya dalam bidang desain web dan programming” ujar Dr. Firdaus Ubaidillah, S.Si., M.Si. mewakili panitia penyelenggara. Seperti diketahu mulai tahun 2016 semua mahasiswa yang menyelesaikan studi di Universitas Jember harus memiliki SKPI sebagai rekam mahasiswa selama perkuliahan di kampus. Dengan adanya SKPI akan sangat membantu stakeholder untuk mendapatkan gambaran mahasiswa yang mempunyai kompetensi selain kompetensi yang telah tertuang dalam ijazah. “Selain bekal ilmu, peserta acara ini akan mendapatkan sertifikat yang bisa dijadi poin dalam SKPI” pungkasnya.

Pada sesi hari pertama Sabtu 16 September 2017 adalah Lutfi Fanani, dosen FILKOM Universitas Brawijaya. “Website bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu web statis dan web dinamis, web statis isi tampilannya selalu sama dan tidak akan berubah. Biasanya menggunakan teknologi HTML standar. Sedangkan web dinamis kebalikannya, lebih interaktif yang menggunakan pemrograman web dan animasi” terangnya diawal penyampaian materi Web Desain dan Programming menggunakan Content Management System (CMS) WordPress. Dijelaskan juga dasar – dasar tag dalam HTML mulai dari kerangka dasar, layout desain web, frame layout, table layout hingga pengenalan dasar CSS (Cascading Style Sheet).

Setelah pemaparan materi HTML, dilanjutkan dengan praktek instalasi dan desain web menggunakan wordpress. Peserta workshop yang sebelumnya telah dibekali materi instalasi dan file penunjang desain web mengikuti tahapan – tahapan:
– Instalasi XAMPP (web server)
– Pembuatan database sebagai media penyimpan wordpress
– Instalasi CMS WordPress
– Instalasi Themes yang pada workshop ini menggunakan Sahifa
– Pembuatan Menu pada WordPress
– Pembuatan Page pada WordPress
– Pembuatan Post pada WordPress
– Penambah Image dan Video pada WordPress
– Pengenalan teknik SEO pada WordPress
Di akhir sesi peserta diberikan tugas per kelompok untuk medesain suatu website menggunakan wordpress dengan menerapkan semua tahapan dan fitur yang telah dipratekkan pada acara tersebut. “WordPress adalah satu dari cms yang ada, masih ada beberapa lagi tapi pada prinsipnya sama saja yang terpenting adalah ketekunan dan ketelatenan dalam proses pembuatannya” tutupnya.

DSCN0019 DSCN0027
DSCN0034 DSCN0043

Dokumentasi Workshop Desain Web dan Programming

Hari Minggu, 17 September 2017 workshop desain web dan programming dilanjutkan dengan materi pengenalan, instalasi dan desain CMS Joomla secara online yang disampaikan oleh Sandi Agus, S.Kom dari Universitas Jember. “Setelah kemarin sudah dikenalkan dengan wordpress, kita hari ini akan belajar cms yang lain yang juga bersifat tidak berbayar yaitu Joomla dan mempraktekkannya secara online melalui hosting yang gratis juga” jelasnya diawal materi. Sama halnya dengan hari sebelumnya, peserta workshop diberikan materi :
– Instalasi Joomla secara online dengan memanfaatkan free hosting
– Setting database untuk Joomla
– Pembuatan Artikel pada Joomla
– Pembuatan Menu artikel pada Joomla
– Menambahkan Media: gambar, suara dan video pada Joomla
– Pembuatan User pada Joomla
– Pembuatan Header yang statis dan dinamis (slider)
– Setting Theme dan module pada Joomla
Tugas per kelompok juga di berikan pada sesi Joomla ini, mahasiswa dengan memanfaatkan hosting tidak berbayar membuat web yang menerapkan semua materi yang telah diberikan. “Selain web untuk menyampaikan berita atau berbagi (blog), joomla atau wordpress juga bisa digabung dengan programming seperti: php, c++, microsoft .net atau yang lainnya” pungkasnya sambil memberikan contoh – contoh web yang berisi artikel saja dengan web yang telah digabung programming dan database didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.