Kuliah Tamu : Prof. Nur Iriawan

DSCN3167-300x225Jurusan Matematika FMIPA sekali lagi mendapatkan kunjungan dari pakar khususnya bidang statistika. Beliau adalah Prof. Drs. Nur Iriawan, M.IKom., Ph.D Guru Besar di Jurusan Statistika ITS Surabaya yang juga Wakil Rektor III ITS bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Teknologi Sistem Informasi. Pria kelahiran Blitar, Jawa Timur pada Kuliah Tamu pada kesempatan sesi pertama menyampaikan pengalaman dan sharing pengajaran khususnya Analisis Bayesian. Pada sesi ini diikuti seluruh staf pengajar Magister Matematika dan beberapa tenaga pengajar dari Fakultas Pertanian, Fakultas Farmasi dan FKIP .

Prof Nur, banyak membagikan pengalaman beliau selama ini dalam hal pengajaran, penelitian dan peranan di stake holder. Salah satunya adalah pengalaman saat membantu sebagai Bursa Efek di Indonesia, beliau menyampaikan teknik bagaimana pembuatan proposal sehingga mampu bersaing dengan jurusan lain yang notabene lebih berkaitan dengan bursa efek indonesia. Triknya adalah memberikan bonus, bukan hanya sekedar memberikan solusi tapi memberikan bonus konsultasi dan pandangan lebih dalam suatu kasus tertentu.

Selain dengan staf pengajar Magister Matematika, Prof Nur juga menyampaikan kuliah tamu pada mahasiswa S1 Jurusan Matematika yang sedang menempuh tugas akhir. Dihadapan peserta, beliau memberikan contoh-contoh hasil penelitian dan juga beberapa hasil skripsi mahasiswa yang di bimbingnya. Diantaranya skripsi bimbingan Prof. Nur yang malah bukan dari bidang statistika yaitu teknik informatika, akan tetapi dengan semangat gigih dapat menggabungkan beberapa bidang ilmu didalamnya salah satunya statistika.

Hasilnya mahasiswa tersebut lulus dengan predikat baik dan dapat menjadi wakil Indonesia diajang internasional. Disini Prof. Nur memberikan masukan kepada para mahasiswa S1 Jurusan Matematika, bahwa kemauan untuk menjadi peneliti harus kuat dan yang terpenting harus beda yang lain. Hal tersebut dicontohkan dari hasil penelitian dan karya beliau yang lain, selalu beda dan baru. Dengan demikian diharapkan suatu karya itu bukan hanya untuk kalangan dalam saja tapi bermanfaat untuk semuanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.