Rektor Lepas 3200 Mahasiswa KKN UNEJ Periode II

KKN merupakan program wajib dari LP2M Universitas Jember yang dilaksanakan para mahasiswa Universitas Jember. Adapun syarat dari pelaksanaan KKN ini adalah para mahasiswa yabg telah menempuh minimal 110 sks terhitung pada semester 1 hingga semester 6. Sesuai dengan akronimnya yaitu, Kuliah Kerja Nyata merupakan program pengabdian secara langsung ke masyarakat yang perlu dilakukan mahasiswa di suatu lingkungan masyarakat. Program ini bertujuan untuk saling mencerdaskan antar mahasiswa dan juga masyarakat serta dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan untuk desa dan masyarakatnya. Tentang nilai-nilai moral dan etika juga kebiasaan yang telah dijalankan di kelompok masyarakat tersebut yang tidak didapatkan oleh para mahasiswa di lingkungan Universitas. Bahkan tentang pengetahuan-pengetahuan terbaharukan yang didapat para mahasiswa untuk dibagikan kepada masyarakat seperti halnya yang dilakukan para mahasiswa Universitas Jember.

Pemberangkatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) periode II Universitas Jember telah dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2018. Sebanyak 3200 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Jember dapat mengikuti program KKN di tahun 2018. Pada tahun ini sebanyak 58 mahasiswa dari jurusan Matematika FMIPA Univrsitas Jember turut andil dalam program KKN tahun ini. Mereka terbagi dalam kelompok dan tersebar di beberapa daerah di Jember, Bondowoso, Situbondo dan, Probolinggo.
Universitas Jember melaksanakan program KKN secara tematik. Menurut Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D. KKN Tematik ini efeknya sangat besar dan pelaksanaannya sangat efektif. Tema KKN terbagi dalam 7 program yaitu, penanganan desa stunting dan sanitasi, desa wisata dan kewirausahaan, desa teknologi dan komunikasi, desa tangguh bencana, desa peduli buruh migran, desa sejahtera mandiri, dan desa pesantren. Melalui program KKN Tematik, para mahasiswa dapat lebih dekat dengan masyarakat sehingga masyarakat juga dapat merasakan efeknya.

Moh. Hasan juga berharap bahwa melalui kegiatan ini kebijakan yang diambil oleh masing-masing pemerintah daerah dapat selaras dengan yang telah dijalankan oleh Universitas Jember. Sehingga program yang telah diusahakan ini dapat menjadi sarana pencapaian target-target SDG’s (Sustainable Development Goal’s). Sedikitnya dalam waktu 45 hari, para mahasiswa harus dapat mewujudkan keinginan tersebut melalui KKN Tematik dengan berbagai tema yang berbeda di setiap kelompok. Hal ini merupakan sesuatu yang susah-susah gampang karena mahasiswa harus menggunakan segala kemampuan dan cara berpikir mereka di lingkungan masyarakat dengan segala hambatan dari tiap-tiap budaya dan kebiasaan masyarakat di lingkungan penempatan KKN itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.