300 Mahasiswa Baru 2018 Ikuti P2MABA di FMIPA UNEJ

Sabtu pagi, 1 September 2018, telah berlangsung Pembukaan Kegiatan P2MABA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Kegiatan ini berlangsung di Lapangan FMIPA Universitas Jember. Sebanyak 327 mahasiswa/i FMIPA Universitas Jember wajib mengikuti kegiatan ini, 115 mahasiswa jurusan matematika, 71 mahasiswa jurusan ada fisika, 69 mahasiswa jurusan biologi, dan 72 mahasiswa jurusan kimia. Kegiatan ini diketuai oleh Saudara Dimas Soni, dari Jurusan Fisika angkatan 2016. Kegiatan P2MABA FMIPA Universitas Jember pada tahun ini mengusung tema “Melatih Jiwa Bhinneka Tunggal Ika Melalui Kebersamaan dan Kekompakan untuk Menciptakan Agent of Change”.

Opening Ceremony P2MABA pada tahun ini dihadiri oleh Dekan FMIPA Universitas Jember, Bapak Drs. Sujito, Ph.D. , Wakil Dekan 1 FMIPA Universitas Jember, Bapak Drs. Achmad Sjaifullah. M.sc., Ph.D. , Wakil Dekan 3 juga selaku pembina BEM FMIPA Universitas Jember, Bapak Drs. Rusli Hidayat, M.Sc. , serta staff-staff dari masing-masing jurusan di FMIPA Universitas Jember. Ketua BEM FMIPA Universitas Jember, Saudara Okky Rizky Nur Akbar dari jurusan Fisika angkatan 2015 juga turut hadir serta memberikan sambutan dan semangat untuk para adik-adik mahasiswa baru FMIPA Universitas Jember. “Selamat datang di Fakultas MIPA Universitas Jember!”, tutur Saudara Okky sebelum mengakhiri sambutannya pagi tadi.

Drs. Rusli Hidayat, M.Sc., selaku Wakil Dekan 3 dan pembina BEM FMIPA Universitas Jember juga memberikan sambutan serta dukungan kepada para mahasiswa baru tahun ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pembinaan dan pengembangan mahasiswa baru. Dikarenakan hal ini merupakan masa transisi para mahasiswa baru untuk lebih mengenal lebih dalam mengenai FMIPA sebagai tempat mereka untuk berproses selama 4 tahun. Selanjutnya, Drs. Rusli Hidayat, M.Sc juga berpesan agar para mahasiswa baru selalu menjaga kesehatannya dikarenajan kegiatan ini akan berlangsung 1 kali dalam sepekan dan akan berlanjut hingga 8 pekan berikutnya. Para mahasiswa juga harus dapat membagi waktunya dengan baik antara akademik yang berkaitan dengan perkuliahan dengan tugas-tugasnya serta persiapan-persiapan dalam P2MABA kali ini yang menguras banyak waktu untuk beberapa sepekan kemudian. Seperti instruksi dari pihak rektorat yang disampaikan kembali oleh Drs. Rusli Hidayat, M.Sc bahwa “kegiatan ini tidak boleh ada perpeloncoan dan perundungan, yang biasa dikenal dengan istilah “bullying”“.

Sebelum kegiatan pembukaan P2MABA FMIPA Universitas Jember diakhiri, Bapak Drs. Sujito, Ph.D, selaku Dekan FMIPA Universitas Jember memberikan sambutannya. “Mahasiswa adalah Agent of Change”, beliau mengharapkan bahwa mahasiswa Universitas Jember untuk dapat lebih aktif lagi di bidang PKM. Karena sejauh ini, dari sekitar 30.000 mahasiswa Universitas Jember, hanya 3 kelompok yang mampu tembus di PIMNAS. Jika dibandingkan dengan Universitas lainnya, Universitas Jember masih jauh rankingnya untuk PIMNAS. Padahal, seperti yang kita tahu PIMNAS adalah ajang paling bergengsi di kalangan mahasiswa. “Mari berkarya, mari berproses, mari menjadi Agent of Change!”, tutur Drs. Sujito, Ph.D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.