Olimpiade bergengsi di Matematika Fakultas MIPA UNEJ

Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FMIPA Universitas Jember dalam kepengurusan periode kali ini menyelenggarakan agenda tahunan yakni Olimpiade Matematika XIV 2018 untuk siswa-siswi SMA/SMK se Jawa Timur dan Olimpiade Matematika Junior IV 2018 untuk siswa-siswa SD/MI se Jawa Timur – Bali. Babak penyisihan (16/19) dilaksanakan serentak di Fakultas MIPA Universitas Jember, dan juga tersebar di beberapa wilayah regional yakni Banyuwangi (SMAN 1 Giri dan SMAN 1 Genteng), Situbondo (SMAN 1 Panji), Probolinggo (SMAN 1 Gending), Lumajang (SMAN 1 Lumajang), Malang (SMAN 4 Malang), Surabaya (SMA Muhammadiyah 2 Pucang), Madura (SMAN 2 Pamekasan), Mojokerto (SDIT Permata), Jombang (SMAN 1 Jombang), dan Bali (SMAN 1 Bali). Pendaftaran banyak dilakukan oleh beberapa peserta melalui jalur online tetapi tak disangka pula pada saat pendaftaraan On The Spot di stand pendaftaran (Jurusan Matematika) membeludak hingga persediaan KIT (Kartu Identitas) sebagai fasilitas peserta telah habis. Banyak antusiasme dari para siswa-siswi SD/MI dan juga SMA/SMK untuk mengikuti olimpiade bergengsi ini serta mereka bersaing untuk memperebutkan trophy dan sejumlah hadiah jutaan rupiah.

Untuk babak semi final dan final tingkat SD/MI akan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2018, dan untuk tingkat SMA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2018. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya untuk lokasi peserta yang berhasil lolos ke babak semi final dan final bertempat di Gedung Soetardjo Universitas Jember, kini para panitia akan menyiapkan tempat pelaksanaannya hanya di lingkungan Fakultas Mipa saja. Hal ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan Fakultas MIPA dan khususnya jurusan Matematika.

Untuk melatih kemampuan para peserta, panitia juga telah menyiapkan contoh-contoh soal dari Olimpiade Matematika pada tahun sebelumnya sebagai bahan latian dalam mempersiapkan lomba nantinya. Soal-soal dapat diakses di link yang telah disediakan : http://olmatfmipaunej2018.blogspot.com/2018/04/soal-babak-penyisihan-olmat-xiii-dan.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.