Kuliah Tamu “Era Digitalisasi Proses Jual Beli Guna Memenuhi Tuntutan Globalisasi Perdagangan”

“Apakah yang bisa dilakukan oleh  seorang matematikawan setelah menyelesaikan study-nya?” itulah pertanyaan yang sering ditanyakan beberapa orang kepada praktisi Matematika. Hal tersebut yang pertama kali diucapkan sebagai pembuka oleh Shandiputra Budhi Perdana, S.Si dalam kegiatan kuliah tamu bersama alumni yang berlangsung pada beberapa waktu yang lalu. Tema kuliah tamu alumni pada tahun ini adalah “Era Digitalisasi Proses Jual Beli Guna Memenuhi Tuntutan Globalisasi Perdagangan”. Alumni yang diundang kali ini adalah Shandiputra Budhi Perdana, S.Si. Beliau adalah alumni S1 Matematika Universitas Jember. Di awal tahun kelulusannya Sandhi demikian biasa dipanggil memulai karirnya dengan bekerja menjadi karyawan swasta selama kurang lebih 5 tahun. Ia menceritakan pengalamannya semasa bekerja menjadi karyawan swasta, dengan rutinitasnya yang hanya seputar ke kantor, mengolah data, dan begitu seterusnya. Rutinitas tersebut membuat ia merasa bosan hingga suatu hari ia diundang ke acara pernikahan rekannya dan mendapatkan souvenir berupa tanaman hias kaktus. Dan dari souvenir itulah sandhi terinspirasi untuk membuat sebuah bisnis. Ia mencoba menjalankan bisnis dalam bidang florist. Produk yang dijual adalah tanaman hias kaktus yang diletakkan dalam pot keramik dan dikemas dalam tampilan yang ciamik.

Konsep yang ditawarkan Shandi dalam berbisnis adalah tetap memiliki tanaman meskipun tidak memiliki lahan kosong untuk bercocok tanam. “Lebih menyenangkan seperti ini. Bertemu dengan banyak orang baru, menghadapi costumer secara langsung, berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain untuk mencari mangsa baru” tutur Shandiputra. Ia menjajakan usaha ini melalui 3 cara yaitu, face to face, online shop, dan e-commerce. Disinilah peran teknologi bekerja bagi para wirausahawan muda. Tentunya masyarakat Indonesia masa kini tidak lagi asing dengan yang namanya online shop dan e-commerce (bukalapak, tokopedia, olx, dll). Sehingga tugas para wirausahawan muda adalah memanfaatkan teknologi tersebut untuk menunjang proses jual-beli yang tidak lagi hanya dijalankan secara tradisional.

Keunggulan menjual produk melalui online shop dan e-commerce menurut Shandiputra adalah efisiensi waktu dan bisa transaksi dimana saja. Karena bisnisnya dijalankan secara online, memungkinkan bisnis ini dapat menarik pembeli dari berbagai daerah. Adapun kesulitan yang ia hadapi saat menjalankan usaha ini adalah adanya masyarakat yang masih asing dengan produk ini, mencari kata kunci pencarian agar produk yang dijual muncul pada urutan teratas, dan membuat tampilan produk yang diunggah pada lapak online tidak terlihat monoton. “Manfaatkan teknologi, kuasai. Buatlah inovasi-inovasi baru dan jangan takut mencoba”, pesan Shandi kepada para mahasiswa S1 Matematika Fakultas MIPA, Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.