Open Talk HIMATIKA 2018

Open Talk merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA). Pada kepengurusan HIMATIKA tahun 2018/2019 kali ini Open Talk dilaksanakan di Ruang Kuliah ll Lantai 2 Gedung Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember (24/10). Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya Open Talk pada tahun ini juga berkonsep lesehan, diharapkan wadah ini mampu menjadikan jembatan penghubung antara mahasiswa, dosen, tenaga administrasi, teknisi dan pihak pengelola Jurusan Matematika. Open Talk diikuti oleh semua mahasiswa Jurusan Matematika mulai angkatan 2015 hingga mahasiswa baru angkatan 2018. Dengan masing-masing di delegasikan minimal 5 orang per angkatan, adapun untuk mahasiswa baru (angkatan 2018) sebanyak 75% di delegasikan. Hadir dalam Open Talk kali ini Wakil Dekan II FMIPA yang juga staf pengajar Jurusan Matematika Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si., Ketua Jurusan Matematika Kusbudiono, S.Si., M.Si., Sekretaris Jurusan Matematika Ahmad Kamsyakawuni, S.Si., M.Kom., dan beberapa staf pengajar di Jurusan Matematika diantaranya :  Prof. Drs.I Made Tirta, M.Sc., Ph.D., Dr. Alfian Futuhulhadi, S.Si., M.Si., Dr. Mohamat Fatekurohman, S.Si., M.S.i., Dr. Kristiana Wijaya S.Si., M. Si., Dr. Kiswara Agung S, S.Si., M.Kom., Dr. Firdaus Ubaidillah, S.Si., M.Si., Dian Anggraeni, S.Si., M.Si., Ikhsanul Halikin, S.Pd., M.Si. dan Abduh Riski, S.Si., M.Si., dan juga beberapa staf admin kependidikan di Jurusan Matematika.

Selanjutnya acara dibagi menjadi 3 sesi tanya jawab dengan sistem pengajuan pertanyaan berdasarkan tiap Angkatan dan pertanyaan dijawab oleh beberapa dosen yang telah hadir.

Pada sesi pertama, pertanyaan yang diajukan yakni tentang fenomena yang sekarang sedang booming di Unej mengenai penerapan sistem barcode untuk absensi mahasiswa. Dengan pertanyaan yang diajukan “Bagaimana cara mengatasi jika ada mahasiswa sudah presensi terus keluar ruangan?”. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Kusbudiono S.Si., M.Si. selaku Ketua Jurusan Matematika “Permasalahan ini kembali pada kesadaran tiap masing–masing mahasiswa, atau dapat juga dari pihak dosen dapat mengecek mahasiswanya yang hadir pada saat perkuliahan berlangsung. Apabila dari mahasiswa melihat temannya yang melakukan hal tersebut dapat di laporkan langsung kepada dosen yang mengajar”. Mengenai akademik lain juga ditanyakan pada sesi selanjutnya yakni tentang sistem perkuliahan 3 sks yang diberlakukan 1 tatap muka dengan durasi 150 menit, mengenai sistem Semester Pendek (SP), mengenai kurikulum di Jurusan Matematika, dan juga perencanaan mengenai akan dibukanya peminatan baru Statistik dan Aktuaria. Dibahas juga mengenai fasilitas di Jurusan Matematika diantaranya fasilitas database perpustakaan dan kebersihan gazebo.

Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si., selaku Wakil Dekan II FMIPA pada kesempatan Open Talk Himatika 2018 kali ini menyampaikan “Untuk peningkatan akreditasi Jurusan Matematika ada 7 indikator akreditasi yaitu pengelolaan, visi misi, mahasis dan alumni, SDM, standart penelitian, prestasi kemahasiswaan, dan pembiayaan. Standart indikator yang kurang dipenuhi adalah pada prestasi kemahasiswaan dalam tingkat internasional. Jika melihat semua indikator dengan 7 standart, semua pihak terlibat dalam penilaian. Maka dari itu baik mahasiswa ataupun alumni harus mengerti tentang prodi  matematika terutama tentang visi misi dari prodi matematika. Hingga saat ini mahasiswa sering kali mengajukan kompetisi perlombaan yang tidak terlalu berpengaruh dengan jurusan, seperti kompetisi non akademik, maka dari itu mahasiswa harus pandai memilih kompetisi apa yang harus diikuti agar bisa berdampak pada jurusan dan akreditasi. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi adalah lama studi yang di tempuh oleh mahasiswa, sehingga kelulusan mahasiswa juga menjadi prasyarat dari akreditasi”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.