Upgrade Your Computing Skill melalui Pelatihan Komputasi 2018

“Upgrade Your Computing Skill” merupakan tema yang diusung dalam kegiatan Pelatihan Komputasi (Pelatkom) 2018 yang merupakan agenda tahunan dari kepengurusan Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) tahun ini. Kegiatan Pelatkom telah berlangsung beberapa waktu yang lalu di Ruang Kuliah Gedung Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember. Pelaksanaan Pelatkom kali ini diselenggarakan selama 3 hari dengan hari pertama yakni materi SPSS dengan pemateri oleh Dimas Bagus C. W. S. Si., M. Si., hari kedua Matlab dengan pemateri Bagus Juliyanto S. Si., M. Si., dan Maple dengan pemateri Abduh Riski S. Si., M. Si., dan hari ketiga Desain Web dengan WordPress dan HTML dengan pemateri Yoyok Yulianto.

Jumlah peserta dalam Pelatkom pada tahun ini sejumlah 89 orang didominasi dari Fakultas MIPA, FKIP, dan juga Fakultas Teknik Universitas Jember. Kegiatan diawali pembukaan dengan sambutan oleh Kusbudiono S. Si, M. Si., selaku ketua Jurusan Matematika, lalu sambutan oleh Rifki Ilham Baihaki selaku ketua Umum Himatika, dan Pradifta Gilang Ramadhan selaku Ketua Pantia Pelatihan Komputasi 2018. Kegiatan dilanjutkan sesi materi dan juga sesi tanya jawab. Sebelum kegiatan Platkom berlangsung telah diadakan Tehnical Meeting (TM) terlebih dahulu dengan tujuan memberikan modul dan juga software yang nantinya akan digunakan dalam kegiatan Pelatkom. Kegiatan berlangsung antusias dan juga kondusif dari para peserta.

Diakhir acara ada sesi lomba yakni “Desain blog” antar peserta yang akan dinilai langsung oleh pemateri. Peserta yang berhasil memenangkan lomba ini nantinya akan mendapatkan hadiah yang menarik. Adapun tujuan dari kegiatan Pelatihan Komputasi ini  “guna meningkatkan skill dalam bidang komputasi di kalangan mahasiswa dan juga kalangan umum”, tutur Pradifta Gilang Ramadhan selaku ketua Pantia Pelatihan Komputasi 2018.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.