Menilik Peluang Kerja Lulusan Matematika Melalui Kunjungan Lapang

KL atau Kunjungan Lapang merupakan agenda rutin tahunan yang diikuti mahasiswa semester 5 dari jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember. Kunjungan lapang ini diharapkan dapat membantu mahasiswa mengetahui dan mengenal lingkungan kerja yang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari serta dapat menjadikan referensi bagi mahasiswa untuk pengerjaan tugas akhir. Pada tanggal 27 dan 28 November 2018 lalu, mahasiswa semester 5 yang kali ini berasal dari angkatan 2016 telah melakukan kunjungan lapang ke PT Yakult Indonesia Persada, BPS Malang, dan CV Bagus Agriseta Mandiri.

Riset operasi merupakan satu mata kuliah dari jurusan Matematika yang sangat berhubungan dengan biaya produksi dan hasil produksi. Mata kuliah tersebut sangat memungkinkan untuk diaplikasikan dalam dunia kerja. Sehingga dipilihlah PT Yakult Indonesia Persada yang tingkat produksinya sudah besar  dan produknya sangat dinikmati masyarakat di Indonesia. Tempat kunjungan selanjutnya yaitu BPS Malang, BPS adalah singkatan dari Badan Pusat Statistik yang mana bidang ini dipelajari langsung oleh mahasiswa Matematika Fakultas MIPA Universitas Jember. BPS merekrut lulusan dari jurusan Statistik, Matematika, dan Komputasi Statistik.

Lulusan Matematika tak selamanya bisa bekerja sesuai bidang yang sama. Passion dari masing-masing orang sangat beragam. Menjadi wirausahawan sangatlah memungkinkan dan tak terhalang oleh latar belakang bidang yang telah dipelajari. Hal inilah yang melatarbelakangi CV Bagus Agriseta Mandiri menjadi tujuan selanjutnya. Tetapi dengan cara berpikir secara matematis serta menggunakan logika yang tepat bisa menjadi modal yang baik untuk diterapkan seorang mahasiswa matematika saat menjadi wirausahawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.