Seminar Nasional “Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Revolusi 4.0”

Beberapa waktu yang lalu, tiga mahasiswa dari Jurusan Matematika Fakultas MIPA berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Jurusan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Seminar Nasional diselenggarakan bertempat di Gedung K10 Pascasarjana UNESA, Kampus Ketintang, Surabaya. Seminar Nasional tahun ini bertemakan “Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Tiga mahasiswa yang berkesempatan mengikuti Seminar Nasional tersebut adalah Rozida, Farah Ingka Maris, dan Intan Nuroktavia. Ketiganya adalah mahasiswa S1 Matematia Universitas Jember angkatan 2015.

Seminar Nasional tersebut dilaksanakan dalam sesi paralel dengan Rozida mempresentasikan paper yang berjudul Variasi Sudut Belok Pada Fraktal I-Fibonacci Word Dengan Menggunakan L-System, Ingka Maris dengan paper yang berjudul Pemanfaatan IFS untuk Membangkitkan Motif Anyaman, dan Farah Intan dengan paper yang berjudul Pola Pengubinan Dengan Memanfaatkan Fraktal Fibonacci Snowflake. Ketiga mahasiswa tersebut juga didampingi oleh tiga dosen dari Jurusan Matematika antara lain Kosala Dwidja, S. Si., M.Si., Dr. Firdaus Ubaidillah, S.Si., M.Si, dan Bagus Juliyanto S.Si., M. Si., yang ketiganya merupakan dosen pengajar di Jurusan S1 Matematika dalam bidang Geometri dan Komputasi.

Kegiatan Seminar Nasional paralel ini diikuti dengan total peserta sebanyak 67 kelompok dengan masing-masing tiap kelompok ada 1-3 orang anggota mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia, dan juga kategori para peneliti, praktisi, dan pemerhati pendidikan di Indonesia. Selain pemaparan paper secara paralel, dalam kegiatan Seminar Nasional kali ini juga menghadirkan dua pembiacara utama yaitu Akhsanul In’am, Ph. D., selaku Direktur PPs Universitas Muhammadiyah Malang, serta Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd., selaku Profesor Filsafat Matematika Universitas Negeri Semarang. Diharapkan kedepannya semakin banyak mahasiswa dari jurusan Matematika yang ikut berperan dalam kegiatan Seminar yang bertaraf Nasional seperti kegiatan ini bahkan dalam taraf Internasional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.