Terapkan Text Mining guna ketahui keunggulan Tanaman Transgenik

Text mining telah secara luas digunakan untuk menggali informasi dari sekumpulan data teks. Kemampuannya dalam membantu menemukan informasi tersembunyi dari data teks yang sangat banyak telah memberikan manfaat kepada berbagai pihak, baik dari pemerintah, peneliti hingga pengusaha. Data teks yang sangat banyak terdapat pada dunia maya (web dan media sosial) menjadi tambang informasi di era digital ini.

Tahun 2003  lalu sampai saat ini, Universitas Jember menjadi sorotan publik baik di tingkat nasional hingga internasional. Sebabnya, salah satu guru besar Universitas Jember yaitu Prof Bambang Sugiharto berhasil membuat sebuah tebu transgenik yang dapat memberikan hasil panen lebih walaupun berada pada lahan yang kering. Tanaman transgenik memang terus dikembangkan oleh para peneliti-peneliti karena tanaman jenis ini dapat membantu mengatasi permasalahan krisis pangan akibat ketidakseimbangan antara produksi pangan dengan daya konsumtif penduduk. Tanaman transgenik ini dihasilkan melalui proses pemindahan gen ke organisme hidup, sehingga organisme tersebut memiliki sifat dan ciri-ciri baru yang akan diteruskan pada keturunannya. Sifat dan ciri-ciri baru tersebut seperti, pembuatan tanaman yang tahan suhu tinggi, suhu rendah, kekeringan, resistensi terhadap organisme pengganggu tanaman, serta kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi dari tanaman alami.

Tanaman transgenik terbilang pengembangan yang masih baru. Sehingga penelitian yang berkaitan dengan efek kesehatan dari makanan transgenik masih terbatas. Dampak negatif jangka panjang yang di khawatirkan oleh masyarakat seperti kanker, alergi, hingga resistansi terhadap antibiotik menjadi pertimbangan kehadirannya. Pro dan kontra tanaman transgenik masih belum menemukan penyelesaian. Hingga saat ini BPOM mensyaratkan produk makanan olahan yang mengandung bahan transgenik di atas 5% wajib mencantumkan kode Pangan Rekayasa Genetika (PRG). Dengan pencantuman kode PRG tersebut, masyarakat sebagai konsumen diberi hak untuk memilih, apakah mau mengonsumsi produk makanan transgenik atau non transgenik.

Guna peningkatan dan pengembangannya, dibutuhkan pendapat publik tentang produk tanaman transgenik ini. Selain dengan memanfaatkan data dari jaringan media sosial, juga akan dilakukan survei melalui pengumpulan data berbentuk kuesioner. Nantinya data teks yang telah diperoleh tersebut akan diolah menggunakan text mining dengan harapan memberi informasi tentang persepsi dan kepercayaan publik terhadap tanaman transgenik tersebut.

268 Replies to “Terapkan Text Mining guna ketahui keunggulan Tanaman Transgenik”

  1. Di zaman yang serba mudah ini, siapa yang tidak mencintai produk instan? Bahkan dalam mencapai sesuatu impian pun menginginkan hal yang instan. Dengan adanya produk tanaman transgenik yang dapat dijadikan sebagai bahan alternatif pembuatan pangan, sekiranya tanaman tersebut dapat mengubah kecintaan masyarakat terhadap makanan cepat saji yang cenderung tidak sehat tersebut. Maka akan lebih baik bahwa kita menggunakan produk pangan dari hasil riset anak bangsa sendiri. Tetapi kita juga butuh memastikan bahwa tanaman transgenik tersebut aman dikonsumsi dalam skala waktu yang lama. Seperti tanaman² alami lainnya. Jadi saya rasa produk ini dapat dikembangkan dengan ketentuan tetap memperhatikan keamanan dalam mengkonsumsi produk tanaman transgenik tersebut

  2. Baik tetapi jika jangka panjang yang membahayakan tersebut sebaiknya sebelum penggunaan diberikan kepada masyarakat tentang tanaman trangenik sebaiknya di sosialisasikan tentang dampak yang akan di tanggung jika jangka waktu yang lama

  3. Sangat membantu bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Apalagi jika ekosistem di Indonesia mengalami keadaan iklim yang tidak menentu.

  4. Transgenik sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memiliki Rumah di tanah tandus…pada akhirnya output yang di rasakan masyarakan sekitar sangat besar..karena mereka bisa memakan sayur atau menanam apapun dengan adanya tanaman transgenik..harapannya tanaman transgenik ini bisa berkembang di seluruh dunia..karena kita ketahui bahwa daratan di Bumi ini berbeda beda ..apa lagi kalau bisa berkembang tanaman yg bisa tumbuh di iklim dingin atau salju…

  5. “Menurut saya tanaman transgenik memang perlu ada di era saat ini. Selain meningkatkan produktifitas pangan karena semakin sempitnya lahan pertanian untuk bercocok tanam. Namun perlu diperhatikan mengenai efek yang akan ditimbulkan dari tanaman transgenik tersebut dimasa depan. Di khawatirkan akan menyebabkan mutasi gen sehingga akan menimbulkan cacat permann pada anak cucu sikonsumen. Karena efeknya baru akan terasa 15 tahun keatas jika konsumen mengkonsumsi terus menerus.

  6. Mengingat produk tanaman transgenik sendiri merupakan hasil dari rekayasa genetika, saya agak mengkhawatirkan dampaknya terhadap tubuh untuk kedepannya. Saya memandanh bahwa perlu diadakan pengujian mengenai efek mengonsumsi produk pangan hasil transgenik baik jangka pendek maupun jangkan panjang. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa saya akan turut mencoba, sebahai bentuk dukungan terhadap teknologi pangan Indonesia.

  7. Menurut saya harus lebih diperhatikan, mengingat penelitian tentang baik tidaknya produk tanaman transgenik di pasarkan belum begitu mumpuni. Sangat disayangkan jika nantinya dapat berakibat yang kurang baik.

  8. saya srtuju dengan adanya inovasi mengenai tanaman transgenik. karena dapat mendukung ketahanan pangan di indonesia. tetapi para ilmuwan harus memperhatikan kandungan DNA yang digunakan. karena apabila berlebih mungkin bisa mempengaruhi kehidupan makhluk hidup di sekitar

  9. Menurut saya produk dari tanaman transgenik ini sangat menguntungkan karena dapat meningkatkan mutu tanaman serta pendapatan dari tumbuhan tersebut semakin banyak.

  10. Menurut saya bagus,karna dapat menimbulkan tanaman jenis baru, akan tetapi cara pembuatannya harus diperhatikan agar tidak menimbulkan sakit bagi pengonsumsi nantinya

  11. Karena menurut saya dapat menguntungkan karena dapat meningkatkan mutu tanaman serta meningkatkan jumlah tanaman yang didapat sehingga dapat menjadi komoditas yang dapat menghasilkan keuntungan yang lebih.

  12. Menurut saya tanaman transgenik untuk konsumsi umum menjadi hal yang sudah lama diterapkan diberbagai tempat, oleh karena jika keberadaannya mendatangkan keuntungan bagi para produsennya dan tidak berbahaya bagi konsumen umum kenapa tidak

  13. Produk pangan tanaman transgenik ini tentunya dapat menjadi solusi dari berbagai kebutuhan masyarakat. Dengan hal tersebut konsumen dapat memperoleh produk yg lebih unggul dan sesuai keinginan. Akan tetapi harus tetap memperhatikan dampak negatif nya juga bagi kelangsungan makhluk hidup.

  14. “Menurut saya, saya sangat setuju dengan produk pangan tanaman transgenik tersebut. Karena apa ? Karena menurut saya bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif yang sangat baik ketika produk tersebut dapat ditanam pada lahan yang kering.
    Terima kasih :)”

  15. Tanaman transgenik memang terus dikembangkan oleh para peneliti-peneliti karena tanaman jenis ini dapat membantu mengatasi permasalahan krisis pangan akibat ketidakseimbangan antara produksi pangan dengan daya konsumtif penduduk.

  16. “Sangat membantu untuk para petani dalam meningkatkan hasil produksi tanamanya.
    Sehingga dapat diperoleh hasil yg maksimal. Meskipun banyak pro dan kontranya”

  17. Adanya produk pangan transgenik ini sebenarnya menjadi salah satu solusi yang baik bagi permasalahan mengenai tanaman yang agak sulit hidup jika tidak sesuai dengan iklimnya, dan dapat digunakan untuk menghasilkan tanaman dengan sifat sesuai yang di kehendaki. Namun karena hal ini masih baru maka dampak yang ditimbulkan oleh tanaman ini bagi kesehatan masih belum jelas karena masih butuh penelitian lama. Maka apabila tanaman ini sudah akan digunakan untuk konsumsi umum agak kurang baik mengingat dampak yang ditimbulkan masih belum diketahui, terlebih efek jangka panjang dari konsumsi tanaman ini juga menjadi bahan pertimbangan.Namun jika tanaman ini digunakan untuk bahan penelitian saja mungkin itu tidak masalah selama tidak di pasarkan ke umum.

  18. Menurut saya, produk pangan transgenik merupakan salah satu inovasi teknologi terhadap pangan yang solutif, namun hal ini juga harus dibuktikan bahwa tanaman transgenik itu aman.

  19. Tentunya sangat membantu para petani untuk kedepannya. Bukan hanya petani yang bisa menerapkan produk pangan transgenik ini tapi juga masyarakat biasa pun dapat mengembangkan produk ini karena produk ini juga dirancang agar bisa tumbuh dan berkembang dilahan kering atau basah sekaligus dengan berbagai pengembangan. Jadi masyarakat lebih bisa hidup dengan pola sehat dengan menanam tanaman sendiri dan untuk memeras pembelian sayur diluar yang masih belum tau kandungan sayur tersebut apakah terdapat pestisida atau tidak didalamnya.

  20. Tanaman ini cocok untuk diterapkan karena cuaca saat ini yang tidak menentu bisa jadi tanaman transgenik bisa dipasarkan

  21. Komentar saya mengenai produk pangan transgenik setuju dan mendukung namun bagi para peneliti atau pemerintahan yg berwenang harus memberikan edukasi atau pengetahuan mengenai kandungan dan dampak positif negatif yg terdapat pada produk pangan tersebut

  22. “Sebelumnya saya belum mengetahui apa itu tanaman transgenik, setelah saya baca penjelasan di atas saya cukup setuju dengan adanya olahan pangan dari tanaman transgenik
    Terimakasih”

  23. Hasil dari tanaman transgenik ini sangat membantu bagi para petani berbagai macam tanaman, karena hasilnya akan bagus walaupun pada kondisi yang kurang mendukung. Jadi sebaiknya hasilnya ini bisa di perjual belikan pada agar keadaan pangan di indonesia jadi lebih baik lagi.

  24. Produk tanaman transgenik perlu lebih disosialisasikan kepada masyarakat secara luas agar kemajuan di bidang ini dapat memberikan manfaat.

  25. Saya setuju perihal produk yang mengandung bahan transgenik jika digunakan untuk konsumsi umum. Tetapi produk yang mengandung bahan transgenik dikhawatirkan meyebabkan dampak yang bisa dibilang berbahaya. Jika memang produk tersebut dikonsumsi untuk umum, masyarakat sebaiknya lebih pintar memilih berbagai produk yang akan digunakannya, dan lebih berhati-hati

  26. Menurut saya, tanaman transgenik ini merupakan salah satu wujud perkembangan yang menjanjikan di bidang pangan. Tentunya akan ada kekurangan maupun kelebihan dari tanaman transgenik ini sendiri, namun, besar harapan saya supaya hal ini terus dikembangkan agar masyarakat dapat mengetahui dan menilai dengan bijak dalam penggunaan tanaman transgenik sebagai bahan pangan.

  27. Menurut saya sangat menguntungkan untuk masyarakat karena dapat meningkatkan mutu tanaman dan pertumbuhan tanaman menjadi lebih banyak sehingga meningkatkan penghasilan dan keuntungan

  28. Tentunya akan bermanfaat misalnya beras yang awalnya tidak terdapat kandungan Beta karoten akan mengandung Beta karoten

  29. Selagi banyak memiliki manfaat saya rasa produk pangan tanaman transgenik harus sepenuhnya didukung demi membantu mengatasi permasalahan produksi pertanian.

  30. Menurut saya, dengan adanya produk pangan tanaman transgenik ini dapat membantu ketidakseimbangan pangan, tetapi harus di seimbangkan dengan penelitian efek kesehatannya,agar masyarakat yang ingin mengonsumsi nya tidak khawatir karna dampak negatifnya.

  31. Jika dilihat dari dampak positif nya tentu produk pangan tanmant transgenik ini dalat membantu sekali dalam mengatasi krisis produk pangan. Mengingat sifat konsumtif yg tidak seimbang dengan produksi pangan yang berkembang di Indonesia

  32. Sangat membantu petani dalam kegiatan budidaya, dengan adanya produk tanaman transgenik kebutuhan dalam negeri juga akan tercukupi karna petani juga sering terkendala dalam proses budidaya tanaman tertentu di lahan yang kurang cocok

  33. Produk transgenik merupakan produk yang sangat solusi untuk mengatasi krisis pangan saat ini. jadi penerapannya sebenarnya tidak memberikan dampak yang sangat besar asalkan masih mempertimbangkan resiko dan kelestarian produk-produk lokal.

  34. Tanaman transgenic berasal dari rekayasa genetic yg dilakukan oleh peneliti yg akhirnya menghasilkan produk rekayasa genetic, menurut saya jika produk tersebut dikonsumsi secara umum oleh masyarakat itu belum tentu baik dikonsumsi karena secara perbandingannya dengan produk alami dg produk rekayasa genetika kandungan yg didalamnya pun sudah jelas berbeda, itu sebabnya PRG seharusnya menjadi uji coba penelitian yg dilakukan berulang kali dengan benar2 diuji kesiapannya untuk dikonsumsi.

  35. tanaman transgenik sangat diperlukan untuk negara seperti Indonesia karena pertumbuhan penduduk sangat timpang dengan priduksi pangan yang semakin menipis, tetapi tanaman transgenik perlu dikaji lagi atau disempurnakan agar mengecilkan resiko dan memperlebar manfaat dari transgenik itu sendiri. Oleh karena itu masih banyak yang perlu dilakukan terhadap tanaman tersebut sebelum diterjunkan ke masyarakat.

  36. Memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang memproduksikan tanaman transgenik dan harus dikembangkan agar konsumen tertarik pada produksi tanaman transgenik tersebut. Produksi tersebut sebaiknya meminimalisir dampak negatif yang terjadi pada konsumen sehingga konsumen tidak terlalu khawatir jika mengkonsumsi tanaman transgenik

  37. Memang produk pangan transgenik sangat bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan pangan Indonesia, dilihat dari kebutuhan pangan dan tingkat konsumtif masyarakat Indonesia.. Tetapu jika melihat dampak negatif yang terlalu buruk, itu sama halnya kita meracuni generasi generasi kita. Jika dampak itu dapat ditiadakan dengan suaty inovasi, maka produk transgenik sangatlah bermanfaat bagi masyarakat Indonesia

  38. Setelah membaca artikel singkat di atas produk pangan tanaman transgenik sepertinya sangat bermanfaat untuk kebutuhan pangan di era sekarang yang memang membutuhkan kualitas dan kuantitas yang baik dan super

  39. “Pangan tanam transgenik akan memberikan nuansa baru
    Penambahan juga terhadap nutrisi”

  40. Tanaman transgenik sangat membantu masyarakat, utamanya sebagai salah satu solusi untuk menghadapi krisis pangan. Ilmu tak harus disimpan dalam otak, namun supaya bermanfaat dilimpahkan dan diabdikan demi kemaslahatan banyak hajat. Untuk apa menjadi pintar namun tidak bijak dalam menerapkan ilmu. Orang bijak sudah pasti pintar.

  41. Produk pangan tanaman transgenik sangat menguntungkan bagi masyarakat, akan tetapi alangkah lebih baiknya apabila telah melalui uji produk pangan terlebih dahulu untuk meminimalisir dampak dari kesehatan.

  42. Sangat bagus untuk dikembangkan karena akan membantu memulihkan kondisi pangan di Indonesia . Bahkan sudah ada negara yang mengembangkan tanaman transgenik, yaitu Amerika Serikat, Argentina ,Cina dan Kanada. Dan kenapa tidak negara dapat juga mengembangkan tanaman trangenik untuk memulihkan kondisi pangan IndonesiaIndonesia . Tapi tamanan transgenik harus melewati proses dimana tanaman tersebut layak untuk dikonsumsi oleh konsumen sehingga tidak dapat membahayakan keshatan manusia.

  43. Produk transgenik boleh saja dikonsumsi, tetapi harus memperhatikan manfaat ketimbang dampak negatif yang ditimbulkan daripadanya.Manfaat harusnya lebih mendominasi tanaman transgenik dibandingkan dengan dampak negatif yang mungkin saja ditimbulkan.

  44. Produk pangan tanaman transgenik bagus untuk di kembangkan, karena konsumsi masyarakat yang semakin tinggi membutuhkan bahan pangan yang lebih dengan ketersediaan lahan yang minim. Tanaman transgenik membantu para petani untuk menghasilkan laba yang banyak.

  45. Menurut saya produk tanaman transgenik sangat bermanfaat bagi masa ini karena dapat membantu kebutuhan masyarakat. Saat ini produksi tanaman pangan banyak yang tifak stabil dan membutuhkan waktu lama untuk tumbuh karena suhu yang panas dan berkepanjangan. Tanaman transgenik bisa membantu kita untuk memenuhi kebutuhan pangan karena bisa tumbuh di tanah kering (musim kemarau).

  46. Menurut saya, produk pangan tanaman transgenik merupakan suatu inovasi baru dalam produk pangan yang memiliki manfaat dan nilai guna dalam upaya membantu masyarakat.

  47. menurut saya tanaman transgenik ini sangat di perlukan untuk memenuhi kebutuhan panganan diindonesia dan memenuhi gizi manusia yang masih kurang

  48. Menurut saya tanaman transgenik adalah solusi untuk petani yang dimana tanaman tersebut merupakan tanaman yang bisa hidup dalam cuaca ekstrim. Pada saat ini petani sangat disulitkan oleh cuaca yang tidak menentu (pancaroba) oleh sebab itu para petani harus memilih benih yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dalam cuaca saat ini. Adapun para petani mendapatkan hasil panen yang kurang maksimal akibat dari benih yang kurang tahan terhadap cuaca ekstrim oleh sebab itu petani mengalami kegagalan panen. Untuk kedepannya saya harap para penrliti dapat menghasilkan bibit2 yang bisa tahan cuaca ekstrim dan bisa mengurangi resiko untuk pengonsumsian jangka panjang.

  49. Karena teknologi pangan saat ini semakin berkembang dan beraneka ragam maka diperlukan inovasi dalam pengolahan makanan sehingga inovasi dari transgenik ini kemungkinan besar dapat diterima masyarakat jika memang berdampak positif.

  50. Seperti yang sudah dipaparkan dalam artikel di atas, bahwa penelitian thd produk transgenik yang satu ini masih terbatas, selain itu, dikatakan juga bahwa produk transgenik juga memiliki dampak negatif jangka panjng pada kesehatan. Namun, produk ini mmpu membawa dampak positif thd krisis pangan masy.Indo. Menurut saya, sebisa mungkin dilakukan penelitian mengenai dampak negatif jngka panjang produk ini. Agar konsumen produk transgenik semakin yakin dan tidak was was untuk mengonsumsinya. Sehingga, selain baik thd lingkungan dan kriaia pangan, produk transgenik juga baik untuk kesehatan dengn memiluki dampak negatif yang minim bagi kesehatan konsumennya. Terima kasih.

  51. Lanjutkan dan kembangkan sampai sukses publik terhadap produk pangan tanaman transgenik tersebut. Responden pada survei ini adalah mahasiswa aktif Universitas Jember.Oleh karena itu, saudara dimohon mengisi kuesioner berikut secara saksama. Atas partisipasi saudara, kami ucapkan terimakasih.

  52. “Produk pangan transgenik seharusnya di era sekarang lebih dikembangkan agar mampu mencukupi kebutuhan pangan khususnya di kabupaten jember

  53. Karena itu sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan bahan pangan di saat suhu atau iklim suatu daerah yang tidak dapat tumbuh dan menghasilkan bahan pangan sendiri yang dapat mengurangi dampak ekomi bagi masyarakat, akan tetapi masih banyaknya masyarakat yang belum memahami transgenik. Menyebabkan sebagian masyarakat kurang percaya karna kurangnya sosialisasi ke masyarakat, karna masyarakat harus tau manfaatnya dan masyarakat adalah konsumen dari tumbuhan transgenik.

  54. Menurut saya tanaman transgenik sangat diperlukan guna mencegah tanaman yg sebagai bahan produk pangan tidak menjadi langka, namun perlu banyak dipertimbangkan jika makanan tersebut sudah diproduksi, terutama masalah harga agar yang mengonsumsi makanan tersebut bukan dari orang yang mampu saja. Selain itu juga harus dilakukan adanya penelitian lebih dalam lagi mengenai efek kesehatan yg ditimbulkan dari produk tanaman transgenik itu sendiri agar tidak menimbulkan bahaya untuk kedepannya. Terakhir, saya berharap penelitian ini tidak berhenti di sini saja.. lanjutkan dan kembangkan terus ide bagus ini dan sebelum memproduksinya sebaiknya lakukan penyuluhan mengenai tumbuhan transgenik ini kepada masyarakat secara luas

  55. Menurut saya, tanaman transgenik sangat berguna, apalagi Indonesia sbg negara agraris sehingga harus meningkatkan teknologi dalam pertanian, ketahanan pangan di indonesia msh belum sempurna padahal indonesia mempunyai tanah yang subur, jadi kita harus mengaplikasikan teknologi untuk indonesia.

  56. Tanaman transgenik bisa dikatakan sudah dimodifikasi dari bentuk aslinya namun dalam sisi yang bagus. Selama hasilnya positif dan dapat memberikan keuntungan yang baik maka saya mendukung segala aktifitas produksi tanaman transgenik.

  57. Dengan adanya produk tanaman transgenik akan meningkatkan hasil produksi tanaman until memenuhi kebutuhan masyarakat.

  58. Karna tanaman transgenik sangat menguntungkan bagi para petani dan juga hasilnya pun tidak jauh berbeda dr pada tanaman biasa

  59. menurut saya sih sah saja tetapi yang di khawatirkan jika dalam penelitian nya yang berkaitan dengan efek kesehatan dari makanan transgenik masih terbatas.

  60. Tanaman transgenik merupakan salah satu evolusi tanaman pangan sehingga dapat meningkatkan produksi pangan dengan waktu yang cukup cepat

  61. A new inovation. Melalui pengembangan produk pangan tanaman transgenik, memudahkan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang tinggal di wilayah yang ekstrim untuk memenuhi kebutuhan hidup. Perlu ditindak lanjuti mengenai dampak positif dan negatif agar masyarakat semakin yakin untuk mengkonsumsi atau menggunakan produk pangan transgenik untuk kebutuhan hidup.

  62. sangat cocok di era globalisasi seiring kurangnya debit air tanaman transgenik sangat di perlukan tapi tanaman transgenik harus di sosialisasikan kepada masyarakat apa itu tanaman transgenik fungsi dan akibatnya kedepan bagaimana sisi positif dan negatifnya.

  63. Pertumbuhan manusia semakin lama semakin bertambah. Apalagi sekarang sudah mberkembangnya ilmu kesehatan, obat-obatan, teknologi dan adanya perjanjian birokrasi antar negara yang juga merupakan faktor meningkatnya jumlah manusia di dunia. Tanaman transgenik memang baik untuk mencukupi kebutuhan pangan manusia saat ini. Namun, dilihat dari kekurangannya tanaman transgenik ini cukup membuat saya jadi takut. Sebab menyebabkan munculnya sebuah alergen baru. Walaupun alergen ini ada juga yang tak tampak secara langsung atau alergen ini bisa bersifat resesif yang dapat menyebabkan keturunan selanjutnya bisa jadi memiliki alergen ini. Serta dapat mengganggu ekosistem alam sebab beberapa tanaman transgenik tentunya ada yang bersifat membunuh hampir seluruh insekta. atau jika insekta tersebut termakan oleh hewan lain tentunya hewan tersebut akan terkena dampaknya pula

  64. Tidak setuju, dari beberapa artikel yang saya baca tanaman transgenik yang dijadikan produk makanan dapat mempengaruhi kesehatan pada tubuh manusia. Beberapa orang diantaranya mengalami alergi pada tubuhnya karena mengkonsumsi dan juga hal ini dapat berpotensi mengganggu keseimbangan ekosistem alam.

  65. Untuk tentang tanamn transgenik menurut saya menguntungkan untuk para petani dan juga meguntungkan untuk masyarakat, karena dapat tumbuh dikondisi kekeringan. Akan tetapi menurut saya, lebih baik jangan dulu di masukkan kedalam bahan pangan apabila masih butuh proses untuk penelitian. Jika sudah terpenuhi dan aman untuk dikonsumsi baru bisa di publish/dimasukkan kedalam bahan pangan

  66. Saya setuju jika produk tanaman transgenik dikonsumsi untuk umum asalkan sesuai dengan peraturan BPOM

  67. “Menurut saya Introduksi tanaman transgenik atau produk pangan yang dihasilkannya perlu dievaluasi dengan hati-hati sebagaimana yang dilakukan pada proses pelepasan sejumlah varitas tanaman atau pemasaran produk pangan baru.
    Terimakasih. “

  68. Memang dalam era 4.0 ini produk bioteknologi akan berkembang pesat demi kemajuan manusia. Tetapi jika dikembangkan secara umum tanpa pengawasan dan penelitian lebih lanjut bisa membahayakan kesehatan manusia.

  69. “Tanaman transgenik dapat mengatasi krisis pangan, akan tetapi dari artikel di atas ada efek samping yang ditimbulkan.
    Jika efek yang ditimbulkan oleh tanaman tersebut diminimalkan maka dapat menjadi solusi untuk menghadapi krisis pangan yang akan dihadapi masyarakat di masa depan”

  70. Menurut saya, produk tanaman transgenik sah-sah saja untuk diproduksi. Sangat menguntungkan bagi produksi pangan di Indonesia, saat ini sangatlah butuh produksi tanaman transgenik mengingat cuaca kita yang ekstrim ditambah bumi kita yang mulai menyempit lahan kosongnya.

  71. Produk pangan tanaman transgenik untuk konsumsi umum daoat dilakukan asalakan sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan oleh BPOM, maka produk pangan tersebut juga harus lulus uji BPOM, karena apapaun yang akan kita konsumsi haruslah terdeteksi hygine nya.

  72. Perlu d kembangkan karna, semakin maju zaman juga harus d barengi dengan inovasi tanaman yg tahan hama juga d area yg terbilang ekstrem. Demi suplai kebutuhan makan sehari2 d kemudabk hari

  73. Seperti yang telah dipaparkan diatas, tanaman transgenik sangat cocok untuk diterapkan pada masa sekarang, mengingat keadaan lingkungan yang semakin tidak mendukung sehingga dapat menurunkan produktivitas pangan

  74. Transgenik adalah inovasi terbarukan dalam bidang pengembangan tanaman dan bahan pangan yang bisa membuat hal baru dalam industri pangan indonesia

  75. Tanaman trangenetik sangat berguna walsupun efek sampingnya belum diketahui, tetepi apangkah baiknya penemuan baru ini dapat dikembangkan selain berguna untuk pembudidayaan juga berguna sebagai media pembelajaran,, dan dengan selangnya waktu insyaallah hal yang belum terpecahkan segera ditemukan solusi, sehingga dapat digunakan atau diterapkan oleh masyarakat luas.

  76. Produk tanaman transgenik sesuai dengan era perkembangan zaman sekarang. Kualitas dari produk juga lebih baik

  77. walaupun hasilnya lebih banyak dari tanaman biasa tapi dampak panjangnya itu yang berbahaya, terlebih jangan di jual atau di konsumsi terlebih dahulu, lebih baik tanaman trangenik ini harus di tingkatkan/ di teliti lagi mengenai dampaknya kepada yang mengkonsumsi (konsumen) sehingga memberi rasa aman kepada masyarakat, mudah-mudahan tanaman trangenik ini bisa menjadi keuntungan di masa-masa yang akan datang. Dan pangan di Indonesia bisa melimpah.

  78. Karena dengan adanya produk oangan tanaman transgenik ini bisa menyebabkan kerugian bagi manusia, misalnya menyebabkan daya tahan tubuh menurun karena mengandung faktor-faktor organisme yang mengalami perubahan genetika dan susunannya.

  79. Tanaman transgenik dapat menjadi solusi dari berbagai masalah salah satunya yaitu kurangnya lahan subur. Namun, dengan dimanfaatkannya menjadi suatu produk pangan, dibutuhkan berbagai uji coba dan penelitian terhadap kandungan pada produk pangan tanaman transgenik tersebut. Harus dipastikan bahwa kandungan yang ada di dalamnya benar-benar aman untuk dikonsumsi. Sehingga, tidak memunculkan berbagai efek samping yang merugikan orang yang mengonsumsinya.

  80. Jika itu baik. Lnjutkan !!!!!!!!!!!!!!!!!! Kembangkan menjadi sesuatu yg sangat bermanfaat untuk bangsa dan negara. Semngaaattt kakak ♡

  81. Baik. Karena tanaman transgenik mampu menyeimbangkan produksi dengan tingkat konsumsi. Namun untuk lebih lanjutnya adalah pilihan pribadi konsumen mau mengkonsumsi makanan transgenik atau tidak

  82. Selama tanaman pangan tersebut tidak mengakibatkan dampak buruk bagi konsumennya dan dapat diterima kalangan masyarakat luas, saya rasa itu adalah cara yang baik untuk mengembangkan produk pangan transgenik

  83. Jika fokus hanya pada pemercepat produksi, lebih baik tidak untuk dipasarkan terlebih dahulu. Bagaimana pun kesehatan adalah faktor utama dalam pangan

  84. Perlu adanya peningkatan tanaman transgenik Salah satunya dengan cara turut andil terhadap perkembangan tanaman transgenik. Tanaman transgenik yang telah dibudidayakan membutuhkan pemasaran yang tepat dengan cara mengetahui target market

  85. Produk pangan tanaman transgenik perlu lebih disosialisasikan ke masyarakat, agar dapat dikenal serta dimanfaatkan. Selain itu, produk pangan ini juga perlu peningkatan kualitas sehingga pemanfaatan dari tanaman transgenik ini lebih maksimal.

  86. Saya setuju setuju saja. Karena dengan adanya tanaman transgenik ini dapat membantu para petani dalam hal perawatan tanaman. Namun, saya masih menantikan penelitian lanjutannya tentang apakah benar tanaman transgenik ini dapat memicu kanker dan lain sebagainya. Sehingga sebelum pempublikasi seluas-luasnya, sudah dapat menyajikan data akurat.

  87. Dengan adanya tanaman transgenik dapat meningkatkan mutu pangan dan meningkatkan pengetahuan akan tanaman transgenik bagi para mahasiswa serta para peneliti lainnya

  88. Menurut saya, produk pangan tanaman transgenik memberikan banyak sekali manfaat dan perubahan bagi seluruh masyarakat. Sehingga saya mendukung sekali untuk pengembangan produk transgenik.

  89. Tanaman transgenik akan tetap bermanfaat bagi tanaman untuk mendapatkan hasil makanan yang berlimpah meskipun dosis dari bahan transgenik tetap terjaga atau tidak berlebihan.

  90. kalau menurut saya produk pangan transgenik baik diedarkan pada masyarakat, selain dampak yg ditimbulkn pada penerapan tanaman transgenik sangat baik dilakukan pada lahan kering sangat sesui dengan iklim diindonesi terutama pada daerah dataran rendah dengan intesitas curah hujan rendah. namun saat ini, perlu dikembangkan lagi dampak yg ditimbulkan pada tanaman transgenik terutama dampak negatif yg ditimbulkan pada sisi kesehatan.

  91. “Sebelum ada penyebar luasan pangan menurut saya perlu diadakan penelitihan tentang kandungan yang terdapat pada olahan pangan tersebut ataupun efek yang ditimbulkannya. Sebaik-baiknya strategi dalam menanggulangi krisis lingkungan yang menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik, jika hasil penelitian itu menimbulkan keburukan itu bisa merusak aspek kehidupan yang lain yaitu kesehatan.
    Apabila olahan pangan tersebut sudah terbukti mengandung bahan yang tidak baik untuk kesehatan dikemudian hari namun secara terang – terangan di perlihatkan kandungannya maka tidak masalah.
    Produsen sudah menjelaskan konsumen yang memilih.
    Terima kasih”

  92. Menurut pendapat saya, terkait dengan produk tanaman transgenik yang memiliki dampak positif yang besar terhadap manusia seperti menghasilkan produksi yang melimpah dll mungkin dalam skala negatif bisa dikurangi dampak nya terhadap manusia terutama nya dan juga lingkungan hidup. Karena dalam penelitian yang menghasilkan baik tersebut bisa terus dikembangkan sehingga meminimalkan dampak nya.

  93. Produk pangan terserbut bisa menjadikan salah satu pangan yang akan memberikan dampak sangat positif bagi masyarakat. Dengan kandunganyang terdapat didalamnya tanaman ini memiliki banyak keunggulan. Oleh karena itu, adanya survei seperti ini perlu diberi apresiasi baik dari masyarakat pula

  94. Produk pangan tanaman transgenik baik untuk memperbaiki ketidakseimbangan ekonomi masyarakat, namun harus mempertimbangkan sisi kesehatannya. Saya kontra jika produk yang dihasilkan mengandung banyak zat yang kurang baik bagi kesehatan dan ini juga akan mengurangi kesejahteraan masyarakat. Saya pro jika produk transgenik ini mengandung sedikit zat yang berbahaya dan tidak berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang

  95. Perlu dikembangkan lagi, semisal mengganti gen apa yang tidak menimbulkan efek samping bagi konsumen .

  96. Menurut saya dengan adanya produk pangan tanaman transgenik sangatlah baik untuk lingkungan.

  97. perlu dikembangkan terutama di wilayah perkotaan, kalau di desa sebaiknya masih menggunakan tanaman yang asli untuk melestarikan jenisnya, kenapa saya memilih di kota? supaya lahan pertanian ini tidak hanya di desa, dengan terciptanya tanaman transgenik ini diharapkan perkotaan menjadi lahan untuk perkembangan pertanian

  98. Menurut saya tanaman transgenik merupakan tanaman yang menguntungkan namun setelah membaca kelemahan dan kelebihannya tanman transgenik memiliki banyak mudorot baik dalam kesehatan manusia bahakan dalam keseimbangan ekosistem yang seharusnya kita jaga dan lestarikan

  99. Bagus karena dapat meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh para petani, namun jika penanamannya berlevihan akan berakibat semakin sedikitnya varietas tumbuhan

  100. Dari uraian diatas dapat ditangkap bahwa adanya tanaman transgenik sangat membantu petani dalam pemanfaatan ladang kering namun efek samping dari pengonsumsiannya masih belum jelas oleh karena itu saya lebih setuju apabila produk tersebut lebih diteliti dan dikembangkan lagi sebelum diluncurkan di masyarakat

  101. Menurut saya produk transgenik ini sangat bagus, karena dapat menambah populasi tanaman tersebut sehingga dapat mencegah kepunahan dan membuat tanaman tersebut menjadi beragam jenisnya

  102. Bagus dapat mempercepat tumbuhan untuk berbuah dan menghasilkan buah yang bagus. Namun juga menimbulkan efek yang kurang baik

  103. Keunggulan pada produk pangan transgenik baik dan berfungsi meningkatkan produktivitas petani. Sehingga pekerjaan petani tak akan di pandang sebelah mata oleh masyarakat karena hasil yang diperoleh oleh petani melimpah. Soal kesehatan atau efek dari tanaman ini kita bisa memecahkan atau menguranginya dengan cara proses pengolahan saat memasak atau proses yang lain.

  104. Memiliki keunggulan untuk memperoleh semua gizi dalam satu makanan namun harus tetap memperhatikan risiko kesehatan sehingga harus diperhatikan regulasinya.

  105. Menurut saya pengembangan tanaman transgenik cukup menguntungkan karena seperti yang kita tahu bahwa tanaman transgenik ini memiliki zat-zat tertentu yang tidak dimiliki oleh tanaman sebelum dilakukan transgenik. Meski dengan banyaknya pro dan kontra tentang tanaman transgenik, saya setuju jika dilakukan pengembangan tahap lanjut pada tanaman transgenik ini. Akan tetapi, menurut saya, tujuan dari pengembangan transgenik untuk menyeimbangkan kebutuhan pangan dengan daya konsumtif membuat saya kurang setuju, karena kita masih belum tahu betul efek samping dari mengonsumsi produk tanaman transgenik. Seberbahaya apa jika produk tanaman transgenik masuk ke dalam tubuh kita. Hal ini juga menimbulkan keraguan pada masyarakan untuk mengonsumsi produk tersebut. Saran saya, lebih baik mengembangkan tanaman transgenik yang bertujuan untuk mengobati. Contohnya seperti produk Golden Rice yang mengandung betabcarotene dan dibuat untuk mengurangi defisiensi vitamin A yang mengakibatkan anak kecil di bawah 5 tahun meninggal dunia di belahan dunia, terutama di negara berkembang yang mayoritas makanannya adalah nasi. Sehingga masyarakat dapat sedikit demi sedikit menumbuhkan kepercayaan mereka terhadap produk tanaman transgenik ini yang bermanfaat bagi kesehatan, meskipun masih memiliki efek samping yang samar. Walau begitu, para peneliti pasti bisa menciptakan tanaman transgenik yang sangat aman untuk dikonsumsi seiring berkembangnya zaman.

  106. Secara umum baik, tetapi dibutuhkan metode yang legal dan baik pula, serta harus siap bertanggung jawab memberikan solusi terhadap dampak negatif yang akan ditimbulkan.

  107. Sangat menarik, mampu berinovasi mengolah bahan pangan dari tanaman transgenik agar juga bisa bersaing dengan produk pangan tanaman lain

  108. Produk pangan tanaman transgenik sangat membantu perekonomian petani. Karena menghasilkan keuntungan yg cukup besar

  109. Tanaman transgenik dikembangkan guna memenuhi kebutuhan manusia akan bahan pangan, untuk itu tanaman transgenik perlu dikembangkan lebih luas lagi untuk meningkatkan kualitas tanaman pangan agar mampu mencukupi dan mampu bersaing dengan produk luar

  110. Ikuti aturan BPOM. agar produknya aman di konsumsi. Atau adabinovasi baru tentang keamanan produk dari tanaman transgenik yang lebih dari 5%

  111. “Sebenarnya saya masih kurang paham apa itu produk pangan tanaman transgenik
    Namun dengan perkembangan waktu dan zaman memang harus adanya inovasi* baru yg harus terus dikembangakan untuk bertahan hidup baik untuk keperluan pribadi ataupun golongan
    Oleh karena itu saya setuju saja selagi itu aman dan sehat”

  112. Sekilas cukup baik, dilihat dari perspektif pemberantasan gizi buruk, resistansi tanaman terhadap hama dan penyakit, dll. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut karena dikhawatirkan dapat merusak keseimbangan ekologi

  113. Tanaman transgenik akan merubah struktur asli atau nutri asli dari tanaman tersebut, dengan adanya transgenik akan semakin mudah menimbulkan penyakit dalam tubuh manusia.

  114. Produk tanaman transgenik di era sekarang ini mampu dikembangkan sebagai langkah untuk pengelolaan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebagai produksi pangan dan kewirausahaan, untuk mengurangi salah satu masalah perekonomian di Indonesia.

  115. Tanaman pangan transgenik memiliki potensi yang besar untuk dijadikan cara bercocok tanam baru yang menghasilkan produksi yang banyak dan berkualitas tinggi.

  116. Menurut saya pangan transgenik /GMO sangat efisien sekali .. Selain terjamin kualitasnya juga harganya terjangkau , meskipun masih diperdebatkan apakah ada kandungan senyawa racun apa tidak dan semoga masyarakat bisa menerimanya demi solusi untuk masalah penyediaan pangan di Indonesia

  117. Menurut saya, produk pangan tanaman transgenik merupakan sebuah alternatif yang baik dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat walaupun berada di antara macam-macam faktor, tanaman transgenik tetap resisten. Tetapi bila produk tanaman transgenik dijadikan bahan konsumsi tidaklah memadai dikarenakan tubuh manusia dengan mudah dapat terserang penyakit yang ditimbulkan dari tanaman transgenik tersebut.

  118. tanaman transgenik sangat menguntungkan, karena tananamannya dapat memberikan hasil lebih

  119. “dengan berkembangnya tanaman transgenik di daerah jember ini bisa membantu pereknomian masyarakat jember.Dan juga harus lebih memberitahu kan bagaimana cara nya supaya lebih paham dan tidak banyak yang gagal

  120. merupakan suatu terobosan baru dalam dunia pangan guna mendapatkan dan mendukung pemberian pemenuhan kebutuhan manusia lebih baik melalui sifat sifat unggul tanaman transgenik namun masih perlu penelitian lanjut untuk mengetahui dampak dan respon tubuh konsumen terhadap tanaman transgenik

  121. Pangan tanaman transgenik butuh perhatian khusus dan penelitian lebih lanjut supaya produk pangan transgenik dapat dimanfaatkan secara maksimal.

  122. Penelitian tentang tanaman transgenik memang Bagus, namun untuk konsumsi sehari-hari pasti dibutuhkan stok yang banyak dan dana yang dikeluarkan juga lebih banyak. Dari segi kesehatan pun juga masih kurang data riset. Jadi menurut saya tanaman transgenik masih butuh dikenali lebih lanjut termasuk dampak pada masyarakat yang mengkonsumsi

  123. Sangat menguntungkan. Karena dengan adanya produk pangan transgenik dapat menghasilkan produk pangan yang unggul.

  124. Menurut saya, produk pangan tanaman transgenik bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat produk yg memiliki sifat-sifat yang diinginkan. Sehingga dengan adanya transgenik produk pangan tanaman bisa lebih berguna.

  125. Kalau dilihat dari segi penguatan pangan kedepannya, pembuatan tanaman transgenik sangat menguntungkan manusia, mengingat meningkatnya mebutuhan pangan. Namun apa bila digunakan untuk konsumsi umum mungkin harus di kaji lebih lanjut apa bila terdapat efeksamping terhadap kesehatan manusia.

  126. Dengan adanya inovasi tanaman transgenik ini saya setuju saja. Apalagi tanaman transgenik tersebut dapat tumbuh walaupun di lahan yang kering sekalipun. Barangkali dengan begitu, tanaman tersebut dapat meningkatkan perekonomian petani-petani Indonesia di masa yang akan datang.

  127. Sebelumnya pernah dengar istilah transgenik itu, tapi belum paham apa transgenik itu, perlu disosialisasikan agar masyarakat paham

  128. Menurut saya produk tanaman transgenik sangat pas dan cocok untuk dikembangkan, karena sekarang alam yg semakin tak dapat di prediksi tentu akan menimbulkan berbagai dampak kekeringan di berbagai tempat. Tanaman transgenik akan sangat membantu orang-orang yg berada pada masalah kekeringan tersebut.

  129. Produk pangan tanaman transgenik harus ditingkatkan penanamanya dan pengembangannya karena membantu masyarakat dalam kekurangan pangan karena tingkat pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi

  130. Ya apabila produk tersebut bahaya untuk kesehatan walaupun itu menguntungkan buat produsen ya saya tidak setuju. Apabila itu tidak mempunyai bahaya akan kesehatan saya akan bilang setuju.

  131. Produk Pangan Tanaman transgenik merupakan satu upaya yg merupakan bentuk dari penerapan sains dan teknologi dalam mengatasi ketersediaan pangan. Produk tersebut bisa menjadi solusi jika terjadi adanya krisis pangan dan memungkinkan untuk menjadi suatu produk yang menghasilkan nilai ekonomi bagi negara yang memproduksi. Meskipun belum ada penelitian yg lebih rinci mengenai dampak-dampak dari produk ini namun hal ini bisa dmenjadi solusi efektif untuk mengatasi permasalahan Pangan

  132. Produk transgenik masih jarang, dan banyak orang yang masih belum tahu tentang itu. Penelitian pun masih sedikit, tapi menurut saya itu sebuah jalan yang bagus untuk peningkatan kualitas mutu pangan.

  133. “Menurut saya tanaman transgenik sendiri baik untuk meningkatkan produktifitas pangan negara, tetapi untuk produk pangannya sendiri saya dan masyarakat mungkin akan benar2 berani mengkonsumsi apabila telah ada penjelasan dari sisi kesehatan, dan apabila memang masih ada pro dan kontra perihal dampak mengkonsumsinya sebaiknya diselsaikan terlenih dahulu, dengan begitu akan merasa aman saat mengkonsumsinya.

  134. Baik. Tanaman transgenik juga di ciptakan untuk menghasilkan produk yang lebih berkualitas. Dengan adanya tanaman transgenik juga bisa membantu petani dalam menghasilkan pangan yang lebih berkualitas juga

  135. Terobosannya sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk masyarakat umum dalam bidang pangan tetapi efek sampingnya yang membuat saya kurang setuju untuk dikonsumsi secara umum jika sudah tidak ada lagi efek samping bagi kesehatan tanaman transgenik akan sangat membantu pangan Indonesia

  136. Sangat baik karena memiliki kelebihan seprti mengatasi permasalahan krisis pangan akibat ketidakseimbangan antara produksi pangan dengan daya konsumtif penduduk tetapi tolong ditinjau kembali untuk meminimalisir dampak negatif yang takutnya akan memakan banyak korban

  137. Merupakan suatu inovasi yang positif karena seiring meningkatnya jumlah populasi manusia dan berkurangnya lahan untuk produksi tanaman maka sektor pangan merupakan sektor pentinh untuk tetap menjaga eksistensi manusia, dengan adanya tanaman transgenik tentu dapat menjadi solusi untuk membantu menyelesaikan masalah masalah di sektor pangan yanh merupakan kebutuhan primer setiap individu manusia.

  138. Karena ini kami sebagai masyarakat awam belum paham dan belum terbiasa, maka lebih baik bikin target market dulu, sebelum produksi besar2 an

  139. tanaman jenis ini dapat membantu mengatasi permasalahan krisis pangan akibat ketidakseimbangan antara produksi pangan dengan daya konsumtif penduduk, sehingga perlu adanya peningkatan dan pengembangan tanaman jenis ini

  140. Sepertinya baik, memberi dampak positif ke petani dalam mengoptimalkan lahan yang ada serta menambah penghasilan yang ada. Namun juga untuk konsumen hendaknya tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Saya rasa penelitian tentang tanaman transgenik harus terus dilakukan agar kita semakin tahu kelebihan serta kekurangan dari produk pangan transgenik itu jelas

  141. Pengembangan industri pangan yang bagus, patut diapresiasi, dan lebih ditingkatkan lagi kualitasnya ke depan.

  142. Alternatif bahan pangan untuk era sekarang dimana lahan pertanian semakin menyempit sedangkan pertumbuhan penduduk semakin melaju

  143. bagus, karena dapat meminimalkan gagalnya panen, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani

  144. Produk Transgenik tentunya dapat menjadi tembusan untuk petani yang mengalami masalah gagal panen. Mungkin dengan inovasi ini harga produk ini dapat memaksimalkan produksi petani , juga harga produk tertentu ini semakin terjangkau. Untuk konsumsi umum mungkin produk ini juga bisa menjadi alternative untuk soal keamanannya, mungkin memang dibutuhkan penelitian lebih lanjut

  145. Menurut saya tentang ini sangat setuju dengan adanya produk makanan transgenik. Setelah di tetapkan oleh BPOM pasti produk tersebut memiliki banyak kelebihan daripada makanan nontransgenik. Jadi setelah survei ini selesai, saya harap terhadap anda untuk melakukan tindakan sosialisai nasional, sehingga masayarakat akan lebih tahu apa kelbihan dari produk makanan transgenik

  146. Dengan keadaan bumi yang saat ini menghadapi ketidakpastiaan iklim dan musim tentu dengan menggunakan teknologi tersebut beban yang ditanggung para petani khususnya di wilayah eks-Karesidenan Besuki. Ketahanan Pangan Nasional merupakan kewajiban yang mutlak diamankan sebab menanggung penghidupan rakyat. Saya mohon diadakan sosialisasi kepada publik tentang pengetahuan Tanaman Transgenik dan Perubahan Iklim bagi Ketahanan Pangan Nasional.

  147. Produk pangan tanaman transgenik memang bagus untuk mengatasi kekurangan bahan pangan yang sampai saat ini Indonesia masihe see mengalaminya, namun mengingat efek samping yang ditimbulkan seharusnya tanaman transgenik lebih dikembangkan lagi agar efek samping yang ditimbulkan berkurang Dan bahkan kalau bisa tidak Ada efek samping Dan memberikan manfaat

  148. Produk pangan dari tanaman transgenik itu cukup baik asalakan kandungan didalmnya dapat bermanfaat bagi manusia. Tanaman transgenik jika di sudah dibudidayakan oleh masyarakat dan dikenal oleh seluruh masyarakat itu berarti tanaman tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang berguna baik sebagai kebutuhan pokok, sandang dan lain lainnya.

  149. Menurut saya tanaman transgenik mampu memberikan sebuah hal yang baru dari produk pertanian pada umumnya yang bisa mendapatkan hasil yang unggul dan tahan lama

  150. Sangat membantu untuk pemenuhan nutrisi masyarakat dikarenakan produk tanaman trangenik memiliki keunggulan tersendiri yang memberi dampak positif seperti kandungan glukosa yang lebih baik pada tebu transgenik universitas jember bagi tubuh manusia

  151. “Dengan manfaat yang didapat dan dengan masih adanya dampak negatif dari tanaman tersebut alangkah baiknya perlu di teliti dan dikembangkan lagi hingga dampak negatif tersebut diminimalisir atau bahkan tidak ada, karena keunggulan dari tanaman tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
    Terima kasih”

  152. Berdampak positif terhadap lingkungan di sekitar,sehingga manfaatnya dapat terlihat oleh masyarakat.

  153. Menurut saya, produk pangan hasil transgenik sangat berguna mengatasi krisis pangan yang terjadi, terutama di Indonesia dimana pergantian musim yang tak menentu sering mengakibatkan gagal panen bagi para petani kita. Dengan adanya produk hasil transgenik, diharapkan pemerintah dapat mencukupi kebutuhan pangan masyarakat dalam musim apapun.

  154. “Menurut saya produk pangan tanaman transgenik sangat bagus jika dikembangkan sebab akan membantu sekali dalam masa masa kritis pada zaman sekarang. Dengan adanya produk tersebut dapat mengantisipasi jika terjadi kekurangan pangan akibat bencana alam ataupun sedang mengalami krisis pangan dalam suatu wilayah. Namun hal tersebut harus diprhatikan lebih lagi mengenai efek samping.
    mungkin itu komentar dari saya, semoga berhasil…”

  155. Menurut saya, dengan adanya produk tanaman transgenik ini bisa bermanfaat baik di bidang pangan sendiri atau pun pekerjaan. Dengan adanya produk pangan tanaman transgenik ini akan membuat mempunyai ide baru untuk menciptakan inovasi yang baru.

  156. Saya setuju dengan adanya tanaman transgenik. Saya juga setuju jika tanaman transgenik dikembangkan karena akan dapat memberikan manfaat yg baik untuk masyarakat luas.

  157. Menurut saya tanaman transgenik dapat memenuhi kebutuhan tanaman produksi/pangan, namun masih perlu adanya penelitian lebih lanjut dan juga kehadiran tanaman transgenik secara berlebih dapat mengancam keberadaan tanaman endemik

  158. Menurut saya, produk pangan transgenik memang sangat dibutuhkan untuk memenuhi daya konsumtif penduduk yang semakin meningkat. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang berbahaya, lebih baik dilakukan penelitian lagi untuk meminimalisir bahan transgenik yang mengandung karsinogenik dan jika produk tersebut diedarkan, memang petani yang untung tetapi konsumen yang merugi karena terserang penyakit yang berasal dari produk transgenik.

  159. Tanaman transgenik memberi dampak yang baik, namun saat menggunakan harus sesuai aturan, agar tidak menimbulkan dampak negatif yang tidak diinginkan

  160. Pengembangan tanaman transgenik harus terus dilakukan. Karena bisa sangat bermanfaat apabila dilakukan dg baik. Terlebih benar, jika masyarakat sekarang ini memiliki pola konsumsi yg tinggi. Mungkin uji sample terlebih dahulu harus dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan tanaman transgenik dalam jangka panjang. Sehingga nantinya bisa menimbulkan keinginan berkonsumsi tanaman transgenik dalam masyarakat

  161. Saya setuju dengan adanya produk pangan transgenik. Karena produk tersebut dapat menjadi pengganti produk yang susah didapat dimusim tertentu. Namu saya sebagai mahasiswa juga khawatir akan kemungkinan adanya bibit-bibit penyakit yang terdapat didalam produk pangan tanaman transgenik. Oleh karenanya saya berharap pengembangan penelitian produk tersebut segera terlaksana.

  162. Produk transgenik menurut saya produk pembaharuan yang lebih mensejahterakan stakeholders dalam pertanian

  163. menurut saya, produk tanaman transgenik tidak salah digunakan dalam makanan bagi mereka yg bener2 mengetahui ilmu tentang tanaman transgenik. Namun, hal itu terkadang masih menjadi kontroversi bagi masyarakat awam atau yang sama sekali belum mengetahui atau mempelajari tentang tanaman transgenik. Khususnya kalangan orang tua. Oleh karena itu, dengan adanya kemajuan tekhnologi, diharapkann bisa memberi informasi dan membuka wawasan masyarakat mengenai tanaman transgenik supaya tidak selalu beranggapan bahwa tanaman transgenim itu berbahaya jika dikonsumsi terlalu lama. Sekian. Terimakasih

  164. Tanaman transgenik memanglah bagus untuk menanggulangi problem problem yang ada di alam, tapi untuk masalah dampak negatifnya itu sangat riskan untuk di konsumsi oleh masyarakat luas.

  165. Produk pangan tanaman transgenik menurut saya sudah cukup bagus. Hal ini dikarenakan dapat melakukan budidaya tanaman secara efisien meski ditanam di lahan yang mungkin tidak bisa dilakukan. Selain itu, dengan adanya produk pangan tanaman transgenik diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari berbagai tanaman yang ada di Indonesia, khususnya Kabupaten Jember.

  166. Menurut saya dengan adanya produk pangan tanaman transgenik bisa membantu para petani yang mungkin sedang gagal panen karena faktor cuaca ataupun serangan hama. Tetapi disamping kelebihannya tersebut juga harus memerhatikan dampak yang ditimbulkan dalam jangka panjangnya misalnya kanker dan alergi. Meskipun begitu hal ini patut diapresiasi karena merupakan suatu pencapaian yang bagus.

  167. Menurut saya, dengan adanya produck ini sangat menguntungkan,, karena walaupun dalam keadaan kering tanaman pun bisa tumbuh lebih, dan juga membantu masyarakat

  168. Saya sendiri belum pernah menjumpai secara langsung produk tanaman transgenik, saya berharap kedepannya jika tanaman transgenik memberikan lebih banyak dampak positifnya dibandingkan dampak negatif sebaiknya terus dikembangkan, mengenai pro kontra masyarakat itu tergantung dari individu masing-masing ya.

  169. Saya antara tidak setuju dan tidak setuju, saya setuju karena dengan adanya transgenik ini dapat membantu mengatasi permasalahan krisis pangan akibat ketidakseimbangan itu tadi, tapi saya juga tidak setuju karena transgenik ini belum bisa dipastikan benar2 aman untuk kesehatan, hal positif emg jika bisa mengatasi permasalahan krisis pangan tapi jika kesehatan dipertaruhkan buat apa?

  170. Jika produk tanaman transgenik lebih banyak memberikan dampak positif dengan kandungan gizi pada produk tetap maka akan lebih segera dikembangkan. Namun jika produk tanaman transgenik masih perlu proses pembaharuan contohnya dengan resiko resiko yang akan terjadi jika mengonsumsinya(read : produk transgenik) lebih baik produk diperbarui semaksimal mungkin untuk meminimalisir resiko yang akan terjadi.

  171. Produk dari Tanaman transgenik bisa saja berbahaya bagi kesehatan manusia. Menurut (syamsi, 2014) pengguanaan gen bt pada tanaman jagung dan kapas dapat menyebabkan alergi pada manusia demikian pula pada transgenik yang diintroduksi dengan gen penghasil metonin protein dari tanaman kacang Brasil

  172. Dengan adanya tanaman transgenik dapat membantu para petani yang sering mengalami gagal panen. Maka dari itu sangat dibutuhkan perkembangan mengenai tanaman transgenik pada era masa kini. Karena tidak dapat dipungkiri jika globalisasi semakin meningkat, sehingga menyebabkan perubahan iklim maupun cuaca yang sulit untuk di prediksi kembali.

  173. Bagus karena dengan adanya cara tersebud diharapkan mampu menjadikan stok gula dalam negeri tetap terjaga..meski di indonesia mengalami kekeringan

  174. Menurut saya itu baik untuk diterapkan kenapan karena pasti tanaman transgenik itu sudah diproses sebisa mungkin untuk menguntungkan petani dan agar bisa memperoleh hasil maksimaldengan modal kecil

  175. Sebenarnya produk pangan tanaman transgenik memiliki pro dan kontra di masyarakat. Karena produk tersebut merukapan campuran dari gen alami dan gen bakteri, tetapi produk tanaman transgenik ini membuat petani petani di dunia mendapatkan sebuah produk yang lebih unggul.

  176. Dengan produk transgenik merupakan langkah efektif dan cepat dalam menghadapi krisis pangan. Walaupun uji kesehatanny masih di ragukan. Maka dari itu perlu digunakanny teknologi dan pengetahuan untuk lebih meningkatkan kualitas produk transgenik tersebut.

  177. Sangat baik karena dapat memberikan peluang bagi para petani yang kesulitan dengan keadaan lingkungan di sekitarnya

  178. Produk tanaman ini bagus sebenarnya, tetapi apabila dampak dari pemakaiannya belum dapat dipastikan aman atau tidak, saya rasa belum saatnya tanaman ini go public. Saya pikir harus ada penelitian lebih lanjut mengenai kandungan buahnya, apakah zat yang terkandung sama khasiatnya dengan buah tanaman nontransgenik.

  179. Menurut saya bagu untuk perkembangan di era millenial khususnya pertanian karena terkadang petani kalau lahannya kering susah untuk menanam panennya terutama tebu.

  180. Tanaman transgenik belum memiliki keputusan pasti, banyak masyarakat yang tidak tahu khasiat dan bahayanya tanaman ini.

  181. Saat ini Tanaman transgenik dirasa sangat di butuhkan, mengingat beberapa tahun belakangan ini indonesia telah banyak mengimpor Gula dari negara asing, dan hal itu sebenarnya merugikan, negara kita yang seharusnya mampu mengekspor gula guna meningkatkan pendapatan devisa dan mensejahterakan rakyat. Dirasa tanaman transgenik perlu, namun perlu di teliti kembali dampaknya terhadap kesehatan, bila masih terlalu berdampak pada kesehatan terhadap penyakit dalam tubuh, perlu di carikan solusinya

  182. Sebenarnyabada setujunya ada tidak setujunya. Setujunya karena berkat adanya produk pangan tanaman transgenik itu berarti hasil produk pangan yang selama ini banyak mengalami kesulitan dan kemerosotan menjadi meningkat. Tidak setujunya karena produk lokal akhirnya lama kelamaan akan tertinggal, meskipun ada itupun hanya sedikit yang menggunakan.

  183. Baik. Karena dengan adanya produk pangan tanaman transgenik membuat produk tersebut memiliki kualitas yang lebih baik daripada sebelumnya.

  184. Saya harap produk ini terus dikembangkan dan juga dipastikan apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi.

  185. Kurang setuju dengan tanaman transgenik karena dengan begitu banyak petani yg menggunakan sistem tanaman transgenik dengan memikirkan banyak keuntungannya sedangkan tanaman transgenik tersebut dapat menyebabkan penyakit yg berbahaya

  186. Sangat membantu, misalnya untuk memenuhi kebutuhan pangan tapi disaat kondisi yang pada umumnya tidak memungkinkan seperti cuaca ekstrim yang dapat mempengaruhi hasil panen

  187. Menurut saya,tanaman transgenik cukup bagus fungsi nya,bisa menutupi kekurangan pada tanaman konvensional, tetapi penggunaan tanaman transgenik harus pada takaran yg pas,tidak semuanya diganti tanaman transgenik

  188. Tanaman transgenik memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan. Dampak positifnya yaitu terciptanya tanaman baru yang memiliki kualias yang jauh lebih baik daripada tanaman lokal. Tetapi disisi lain tanaman transgenik ini dapat mempengaruhi tanaman aslinya.

  189. Meskipun belum diketahui efek samping jangka pajang nya namun tanaman pangan trasngenik jika bisa disempurnakan maka tantangan swasembada pada sektor pangan di negara ini bukan menjadi isapan jempol lagi namun bisa secepatnya terealisasikan dalam kurun waktu yang lebih cepat dari yang diperkirakan.

  190. Diharapkan dapat meningkatkan mutu ketersediaan pangan sehingga dapat mewujudkan kesuksesan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals)

  191. Diharapkan dengan adanya tanaman transgenik dapat memperbaiki kualitas mutu bahan pangan. Sehingga perindustrian di Indonesia dapat bersaing ditingkat internasional.

  192. Produk pangan tanaman transgenik bisa meningkatkan ekonomi petani namun harus dipertimbangkan pula dampak yang akan terjadi jika di jadikan produk pangan harus dengan pengawasan yang ketat

  193. produk pangan transgenik ini merupakan suatu hal yang sangat baik bila ditinjau lebih jauh lagilagi,karena dengan adanya teknologi yang semakin canggih maka kita bisa mendapatkan produk pangan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan dan bisa juga mengurangi yang namanya gagal panen. tetapi untuk menindaklanjui produk transgenik ini pasti dibutuhkan biaya yabg besar dan tidak sembarang orang bisa melakukannya. Saya berharap semoga kedepannya lebih banyak lagi pihak yang mengembangkan produk pangan transgenik ini sehingga masyarakat awam bisa menikmati juga.

  194. Saya sangat setuju untuk terus dikembangkan lebih lanjut. Ini merupakan inovasi dalam mewujudkan ketahanan pangan Indonesia serta aksi kerja nyata mahasiswa dalam pengembangan pendidikan dan teknologi.

  195. Yah kalo Penggunaan jangka panjang dpat berakibat kanker. Kurang setuju juga. Jadi menurutku kalo mau membuat produk pangan transgenik upayakan – dampak negatif.. Maaf ya kak kalau terlalu cerewet. Terimakasih

  196. Menurut saya, hal ini sangat bagus dan bermanfaat terutama dalam peningkatan mutu produk(tanaman). Dengan meningkatnya mutu, tentu saja akan berdampak baik pada pertumbuhan ekonomi petani dan masyarakat Indonesia. Namun hal yang juga harus diperhatikan adalah efek negatif jangka panjang dari produk pangan hasil tanaman transgenik. Diperlukan adannya penelitian lebih lanjut mengenai dampak tersebut sehingga dalam perkembangannya kedepan tidak akan ada hambatan dan masalah apapun.

  197. Sebenarnya masih sangat bagi saya untuk bekomentar. Namun saya setuju dengan opini yang sudah dikatakan di atas. Selain itu, tidak memungkinkan bagi kita, masyarakat Indonesia yang selalu berkembang akan tetap mendpaatkan lahan yang tetal luas. Sehingga perlu diadakannya inovasi. Mungkin kedepan perlu diadakan inovasi yang lebih lagi supaya tanaman transgenik ini dalat diterima oleh orang banyak

  198. Menurut saya tanaman transgenik adalah terobosan baru yang dapat menjadi manfaat bagi kita semua, tetapi juga ada dampak negatif yang mungkin di kemudian hari bisa diminimalisir, sekian terimakasih.

  199. Sebuah inovasi yang sangat baik dengan memanfaat kan perkembangan ilmu pengetahuan untuk membuat suatu produk yang dapat diproduksi jangka pendek

  200. Saya belum tau banyak dan saya kira jika memang banyak positifnya lebih dikembangkan lagi produk tanaman ini

  201. Di sisi lain tanaman transgenik bisa menjadi bantuan ketika terjadi krisis pangan. Tetapi, disisi lain kandungan yang terdapat pada tanaman transgenik juga harus dipertimbangkan keamanannya

  202. Tanaman transgenik yang dikelola dengan baik dengan meminimalisir kekurangan dari suatu tanaman dapat menjadi terobosan yang menguntungkan

  203. Menurut pemahaman yang saya baca , tanaman transgenik di buat dengan memperbaiki gen-gen yang ada pada tanaman tersebut menjadi lebih baik. Jadi menurut saya tanaman tesebut akan menjadi tanaman yang berkualitas tinggi dan baik untuk di konsumsi.

  204. Tanaman transgenik akan tetap bermanfaat agar tanaman tersebut tahan terhadap hama dan mampu beradaptasi dengan lingkungan bercuaca buruk walaupun bahan transgenik yang digunakab tidak berlebihan

  205. Lebih bisa banyak berkembang yang bisa meningkatkan masyarakat dan mengetahui tanaman transgenik seperti apa dan jelas

  206. saya kurang begitu paham dengan tanaman transgenik. namun saya pernah membaca suatu artikel jika mengkonsumsi tanaman transgenik yg salah dapat membahayakan bagi kesehatan

  207. tanaman transgenik telah menjadi inovasi yang dapat meningkatkan keberagaman jenis tanaman. Pastinya juga akaan meningkatkan inovasi dalam produk pangan.

  208. Mempermudah tanaman untuk tumbuh dikondisi apapun.meskipun dalam kondisi yang seharusnya tidak dapat tumbuh

  209. Lebih menguntungkan dari berbagai aspek walaupun masih baru dan perlu dikaji lebih dalam lagi

  210. Bisa berdampak negatif bagi tubuh. Memang praktis tapi sebaiknya kita harus mengutamakan kualitas

  211. Sangat inisiatif, dalam menghindarkan tanaman yang mengandung bahan kimia berbahaya akibat pupuk atau pestisida yang tidak ramah lingkungan

  212. Tanaman trasgenik memudahkan pengembangan tanaman. Namun perlu juga ketenagaan ahli.sehingga butuh dana banyak

  213. Baik karena dengan rancangan produk seperti itu dapat memberi sebuah produk dan inovasi baru

  214. Membantu keanekaragaman tanaman. Karena dengan tanaman transgenik membantu menumbuhkan dan menciptakan suatu tanaman yang baru. Dengan munculnya teori tanaman transgenik semua orang dapat melakukan dan menciptakan berbagai kreativitas.

  215. Sangat membantu menumbuhkan lebih banyak tanaman, beraneka ragaman dapat diciptakan dari transgenik tersebut. Dan semua orang bisa berkarya menghasilkan tanaman baru

  216. Ide yang sangat bagus, dan harus di kembangkan untuk kebutuhan Indonesia yang lebih baik

  217. Menurut saya, tanaman transgenik ini bermanfaat dan berguna bagi masyarakat umum, tetapi menanggapi sisi negatif dari tanaman ini, sepertinya masih diperlukan penyempurnaan dan solusi2 bagaimana menangani dampak negatif tersebut .

  218. Sangat membantu sekali untuk pangan masyarakat Indonesia yang biasanya atau dominan memakan nasi

  219. Ditakutkan dengan adanya produk pangan tanaman transgenik bisa rawan untuk menimbulkan penyakit

  220. Mampu bersaing dengan produk non-transgenik, hasil yang didapatkan lebih unggul dari produk biasap

  221. Harus ada sosialisasi ke masyarakat tentang apa itu tanaman transgenik dan apa manfaatnya bagi masyarakat.

  222. Menurut saya tanaman transgenik meskipun di tnah kering dapat tumbuh subur,sehingga dapat memperoleh keuntungan yang besar bagi produsen ya saya akui semua akan lebih baik kepada kehidupan produsen, tetapi tanaman transgenik rersebut dapat menimbulkan dampak negtif bagi konsumen,nah intinya lebih baik menggunakan tanaman non transgenik, meskipun itu jga ada dampak negatif bagi produsen, setidaknya tidak ada kandungan kimia nya dalam dikonsumsi.

  223. Seperti hal nya tempe, yogurt, tape, natadecoco, dan lain nya, pangan tersebut hal nya sudah lumrah masyarakat ketahui namun masih sebagian orang saja yg dapat mengetahui bahwa pangan tersebut merupakan pangan bioteknologi , sejauh ini masyarakat menikmati makanan tersebut, tidak mengakibatkan hal yang buruk

  224. Menurut saya bisa jadi menguntungkan bisa juga memiliki kekurangan tapi dilihat lagii banyak mudorot yang terkandung misal menggangu ekosistem dan juga penyakit alergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.