Bioteknologi untuk Peningkatan Nutrisi Sumber Pangan

Text mining telah secara luas digunakan untuk menggali informasi dari sekumpulan data teks. Kemampuannya dalam membantu menemukan informasi tersembunyi dari data teks yang sangat banyak telah memberikan manfaat kepada berbagai pihak, baik dari pemerintah, peneliti hingga pengusaha. Data teks yang sangat banyak terdapat pada dunia maya (web dan media sosial) menjadi tambang informasi di era digital ini.

Universitas Jember menjadi salah satu perguruan tinggi yang ikut andil dalam peningkatan kualitas tanaman pangan Indonesia. Jenis tanaman yang dimaksud adalah tanaman tebu yang memilki rasa lebih manis dibanding dengan tebu pada umumnya. Usaha peningkatan kualitas tanaman pangan tersebut melalui bioteknologi. Yaitu ilmu yang menggunakan pendekatan makhluk hidup untuk menghasilkan suatu produk dan meningkatkan kualitasnya. Pengaplikasian bioteknologi ini dengan cara memanfaatkan sistem alami yang terdapat didalam tumbuhan melalui penambahan sifat tertentu, salah satunya peningkatan sukrosa dengan tujuan gula yang dihasilkan dari tebu lebih manis.

Tanaman produk bioteknologi ini membawa keunggulan seperti tahan herbisida, mempunyai sifat-sifat khusus misalnya pada tingkat kematangan tomat  yang lama sehingga tomat tidak mudah busuk, kedelai dengan rendah lemak tak jenuh, padi yang memproduksi beta-caroten dan vitamin A serta lain sebagainya. Disamping itu, tanaman ini mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang buruk. Hal itu sangat menguntungkan, mengingat cuaca di Indonesia cukup ekstrem saat ini.

Aplikasi bioteknologi sampai saat ini masih memunculkan pro dan kontra di kalangan praktisi saintis, pertanian, dan masyarakat umum. Selain mengganggu keseimbangan lingkungan, masyarakat dikhawatirkan dengan munculnya zat yang dapat menyebabkan alergi yang baru hingga menjadi racun dalam pengonsumsiannya.  Guna peningkatan dan pengembangannya, dibutuhkan pendapat publik tentang produk bioteknologi ini. Selain dengan memanfaatkan data dari jaringan media sosial, juga akan dilakukan survei melalui pengumpulan data berbentuk kuesioner. Nantinya data teks yang telah diperoleh tersebut akan diolah melalui text mining dengan harapan memberi informasi tentang persepsi dan kepercayaan publik terhadap produk bioteknologi tersebut.

sumber gambar : https://news.labsatu.com/tanaman-tebu-menyimpan-manfaat-dari-berbagai-sisi/

235 Replies to “Bioteknologi untuk Peningkatan Nutrisi Sumber Pangan”

  1. Menurut saya perlu sosialisasi terkait perkembangan produk pangan bioteknologi karena banyak isu diluar sana terkait bahaya mengkonsumsi produk pangan bioteknologi, saya setuju karena pengembangan bioteknologi tidak perlu lahan banyak akan tetapi teknik serta pengembangan an nya masih awam untuk kalangan masyarakat umum

  2. Kalau bisa produk tersebut bisa di implementasikan kepada masyarakat sehingga bisa bermanfaat buat semua orang khususnya para petani kita

  3. Produk bioteknologi sangat bagus untuk menghasilkan produk baru dan memperkaya varietas tumbuhan. Untuk menghindari efek samping dalam produk pangan sebaiknya dilakukan pengujian kelayakan produk pangan bioteknologi.

  4. Sangat baik, apaabila diproduksi sesuai standar pangan maka dpt menjadi sumber makanan yg sustainable utk masyarakat global

  5. Menurut saya bioteknologi layak di terapkan karena banyak mengandung nilai positif serta lebih menguntungkan bagi petani

  6. Dalam pemorsesan produk pangan bioteknologi termasuk dalam hal kemajuan pangan yang dapat membuat produk tersebut mengalami lebih berkualitas walau yang memang jadi masalah pada sekarang keamanan bagi makhluk hidup untuk dikonsumsi, semakin berkembangnya bioteknologi kedepannya dapat membuat panganan aman dan dengan kualitas terbaik

  7. Peranan mikroorganisme dalam pengolahan makanan ini adalah mengubah bahan makanan menjadi bentuk lain, sehingga nilai gizinya lebih tinggi, zat gizi lebih mudah diserap dan dimanfaatkan, serta mempunyai cita rasa yang lebih menarik. Saya sangat setuju dengan diversifikasi pangan yang ada di indonesia dengan peranan bioteknologi pangan

  8. Sangat setuju apabila banyak produk pangan yang dijual dengan jenis produk pangan bioteknologi ini, karena kehigienisannya dan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

  9. menurut saya pangan bioteknologi sangat menguntungkan bagi kehidupan sehari hari karena olahan dari bahan-bahan bioteknologi juga bermanfaat bagi tubuh

  10. Menurut saya cukup baik sehingga dapat mengirangi bahan” bahaya dalam sebuah produk makanan dan mengurangi zat” yang dapat mempengaruhi ttubuh kita dan pengurangan bahan pengawet

  11. Produk pangan bioteknologi sangat menarik daya konsumsi oleh masyarakat umum. apalagi produk pangan yang dihasilkan memiliki kaya nutrisi dan tanpa ada bahan pengawet.

  12. Semoga ledepanya produk biotrknologi dpt lebih di tingkatkan kualitasnya, dgn disesuaikan berdasarkan taraf kesehatan masyarakat.

  13. Dengan adanya produk pangan bioteknologi, tentu akan sangat membantu untuk memajukan bidang pertanian maupun industri pertanian ke depannya. Masyarakat hanya perlu untuk lebih mengerti dan memahami bahwa produk pangan bioteknologi memiliki banyak keuntungan

  14. Perlu dikembangkan lebih lanjut, tetapi dengan mengantisipasi dampak yang sekiranya akan ditimbulkan ke depannya. Selain itu, produk bioteknologi tsb dapat lebih memerhatikan efek kepada kesehatan dan lingkungan.

  15. Adanya produk pangan bioteknologi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, misalnya penemuan jenis pangan baru (inovasi pangan), dapat mengurangi kegagalan pangan, dsb. Namun, disisi lain dalam mengolah produk pangan bioteknologi ini perlu memperhatikan bakteri/virus, alat dan bahan sehingga tidak mengganggu/merusak lingkungan, serta ketika memberikan/memasarkan produk pangan ini harus sudah teruji secara klinis agar produk ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

  16. Sangat efektif Sekali untuk menciptakan produk pangan yang lebih berkualitas dan menggunakan sumber daya yang ada

  17. Ada beberapa dampak yang timbul tentang produk pangan bioteknologi misalnya saja dalam hal kualitas pangan, saya yakin kualitas pangan tidak diragukan lagi karena dengan adanya bioteknologi bisa memodifikasi sebuah bahan pangan agar tidak mudah busuk, namun dampak yang lain adalah jika kualitas pangan tersebut baik, harga yang timbul di pasar juga relatif mahal.. konteks sebuah penelitian adalah selain untuk pengetahuan juga untuk merealisasikan pangan kepada masyarakat luas.. namun yang ada saat ini masyarakat belom tau atau belom mengenal produk pangan bioteknologi..sehingga jika suatu saat di pasarkan di masyarakat luas pasti membutuhkan waktu yang lama dan pro kontra masyarakat pasti ada .

  18. Setiap perkembangan teknologi pasti memiliki dampak yang positif dan negatif, termasuk juga pada hasil produk pangan bioteknologi. Maka dari itu, sebaiknya kita mengonsumsi produk pangan bioteknologi seperlunya saja. Karena yang berlebihan itu sifatnya tidak baik.

  19. Sangat membantu dalam meningkatkan nilai mutu pada makanan, khususnya di indonesia. Apalagi dengan adanya bioteknologi ini, makanan kita dapat tidak cepat mudah membusuk.

  20. saya sangat setuju jika nantinya penemuan ini memberikan dampak positif bagi petani tebu, namun disisi lain saya berharap dampak negatif dari pengaplikasian penemuan ini dapat dicegah sebaik mungkin, baik bagi para petani, lingkungan, ataupun hewan lainnya.

  21. Menurut saya produk bioteknologi membantu kemajuan pangan dan pemenuhan gizi juga lebih bervariasi lewat produk pangan yang baru

  22. Saya Rasa produk ini perlu di kembangkan karena meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat serta perubahan iklim yang sedang terjadi membuat bahan pangan menjadi susah berkembang. sehingga dengan biotek semoga bahan pangan kualitasnya bakal terjaga serta berkembang sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi.

  23. Produk Bioteknologi Memberi Kemudahan Bagi Kehidupan Manusia Didalam Peningkatan Kualitas Pangan. Sehingga Perlu Untuk Terus Dikembangkan. Tetapi Harus Dilakukan Sebuah Studi Lebih Lanjut Apakah Aman Untuk Dikonsumsi Atau Malah Memiliki Dampak Negatif Baik Jangka Panjang Maupun Jangka Pendeknya. Tetapi Saya Proibadi Mendukung Produk-Produk Bioteknologi Dikarenakan Memiliki Beberapa Keunggulan Yang Tidak Dimiliki Produk-Produk Non-Bioteknologi. Misalnya Tempe, Setahu saya lebih bergizi ketimbang kedelai.

  24. Menurut saya produk pangan bioteknologi sangat bermanfaat bagi kami, dimana produk pangan bioteknologi yg masih kurang banyak diharapkan dengan adanya bioteknologi menambah banyak varian pada produk pangan yang membuatnya semakin efisien dan tentunya dapat meningkatkan pengetahuan pada masyarakat tentang bioteknologi.

  25. Produk pangan bioteknologi merupakan salah satu terobosan terbaru dalam bidang pangan, biologi dan teknologi yang memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positifnya adalah memudahkan manusia dalam mengolah bahan pangan dikarenakan pangan hasil produk bioteknologi biasanya akan tahan hama dan memiliki daya tahan yang cukup lama serta beberapa juga mengandung gizi lebih. Sedangkan salah satu dampak negatifnya adalah dapat terjadinya perubahan basa nitrogen pada bahan pangan yang dapat menyebabkan mutasi, yang mana hal tersebut akan berpengaruh terhadap konsumen. Mutasi tersebut biasanya memiliki efek negatif terhadap tubuh. Seperti yang kita tahu, dewasa ini terdapat banyak penyakit baru yang bermunculan dan hal itu salah satunya dapat disebabkan dari produk pangan bioteknologi. Langkah bijak yang dapat diambil adalah pengendalian dan penelitian lanjutan agar dapat menyeimbangi dampak negatif dari produk pangan bioteknologi. Karena tidak dapat dipungkiri juga, dewasa ini semakin menunjukkan penurunan hasil pangan dan jumlah manusia pun semakin bertambah, tanpa ilmu bioteknologi pangan maka manusia akan kesulitan menghadapi perubahan iklim dan penambahan jumlah populasi manusia di masa depan.

  26. Adanya produk pangan bioteknologi diharapkan dapat digunakan semaksimal mungkin sehingga bermanfaat bagi masyarakat seluruhnya

  27. Pangan bioteknologi akan menjadi inovasi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki, mempertahankan hingga menambah kualitas dari produk pangan, bila dioptimalkan dengan baik.

  28. Dengan adanya perkembangan teknologi,semakin kedepan diharapkan mahasiswa dapat menciptakan produk pangan bioteknologi yang lebih banyak,apalagi jember memiliki banyak hasil alam ,seperti sayur ,buah dll .Sehingga dapat mendorong untuk menciptakan produk yang memiliki daya saing internasional.

  29. Sangat baik untuk usaha kreatif. Sehingga impact dalam beberapa penerapannya nanti bisa menerapkan produk lokal unggulan

  30. Menurut saya produk pangan bioteknologi sangat bermanfaat dan menguntungkan karena sifat produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik

  31. Hal yg bagus bagi pengembangan produk pangan namun perlu diteliti lebih lanjut terkait efek negatif dr produk pangan tersebut

  32. Upaya bioteknologi harus diiringi dengan upaya untuk meminimalisir dampak negatif yang ada. Lebih spesifik, dibutuhkan kajian yang sangat mendalam terkait dengan adanya mutasi genetik yang diterapkan pada produk bioteknologi, dalam hal ini adalah produk pangan, apakah produk pangan tersebut aman untuk dikonsumsi jangka panjang sehingga produk pangan bioteknologi tidak menjadi bumerang bagi pihak yang mengkonsumsi produk pangan tsb.

  33. Saya setuju, karena memberi banyak manfaat bagi produk pangan, Tapi saya akan lebih setuju bila penggunakannya tidak secara berlebihan, karena dikawatirkan dapat mengakibatkan banyak efek samping yang fatal pada pengonsumsi.

  34. Harus dikembangkan. Hal ini dikarenakan dengan adanya produk pangan bioteknologi dapat meningkatkan nilai tambah terhadap makanan serta dapat mengurasi pencemaran udara.

  35. Dalam pengaplikasiannya harus diuji kembali apakah akan menguntungkan atau merugikan produsen maupun konsumen

  36. Mengenai produk pangan bioteknologi ini merupakan inovasi yang sangat bagus khususnya di era industri 4.0 ini. Tetapi sayangnya mengenai produk pangan bioteknologi ini belum dikenal oleh orang orang. Alangkag baiknya produk produk bioteknologi ini diproduksi secara masal dan dikenal kan pada masyarakat umum

  37. Melihat keunggulan kualitas nya produk pangan bioteknologi menurut saya bagus akan tetapi akan lebih baik jika dilakukan juga penelitian tentang penanggulangan dampak dari adanya aplikasi bioteknologi ini seperti yang telah disebutkan diatas.

  38. Bagus sangat bagus bagi saya mantap mantul sangat berguna bagi masyarakat yang di jual dari ribuan toko online

  39. Sangat bermanfaat untuk meningkatkan keunggulan tanaman pangan dan dapat meningkatkan harga jual.

  40. Menurut saya dengan adanya produk pangan bioteknologi itu sangat bagus untuk memperbaiki kualitas pangan yg ada di Indonesia

  41. Pemanfaatan teknologi di era sekarang sudah tidak asing lagi apalagi menyangkut pangan. Banyak produk pangan yg beredar di masyarakat dgn berbagai variasi dan inovasi, salah satunya adalah pangan bioteknologi. Penerapan bioteknologi pada pangan dapat membuat produk pangan mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan dgn produk non bioteknologi seperti lama umur simpan, tahan terhadap kontaminan, mempunyai rasa bentuk aroma yg lebih baik, namun disisi lain pemanfaatan bioteknologi pd pangan juga jgn sampaiberlebihan agar tidak mengurangi sifat khas produk pangan yg asli.

  42. Menurut saya sangat baik jika kita bisa membuat suatu produk pangan dengan bioteknologi. Kita jadi bisa mengembangkan produk pangan yang lebih baik lagi ke depannya serta memudahkan manusia untuk membuat jenis pangan yang baru.

  43. Menurut saya produk pangan bioteknologi sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya yg ingin menanam tebu, selain itu produk pangan bioteknologi dapat meningkatkan mutu produk tersebut agar dapat mendapatkan hasil terbaik dari produk tersebut

  44. Sangat bermanfaat karena jika dilihat banyak produk pangan yang kita konsumsi merupakan hasil dari fermentasi mikroorganisme seperti tempe, oncem, nata de coco, roti dan lain sebagainya

  45. Produk yang dihasilkan memiliki banyak keunggulan dibanding raw materialnya dari segi kandungan gizi(produk makanan), nilai jual, serta kegunaannya.

  46. Bagus, pernah denger negara2 di luar sudah mengadopsi bioteknologi dari lama. Untuk penerapannya di indonesia bisa tapi saya belum pernah dengar, sudah seharusnya pemerintah indonesia menetapkan kebijakan yang berpihak kepada petani dan memberikan dukungan penuh untuk riset agar pertanian di indonesia semakin maju.

  47. Bioteknologi sangat dibutuhkan di era sekarang, karena bumi telah dipenuhi dengan polusi maka peran bioteknologi sangat penting mengurangi tingkat polusi dan menghemat biaya konsumen

  48. Komentar saya setiap hal yg dilakukan pasti ada sisi positif yg diinginkan dan pastinya ingin menghasilkan suatu produk yg dapat membantu masyarakat sekitar. Dg adanya bioteknologi ini menurut saya sudah membantu untuk membuat suatu produk dg mengikuti teknologi yg telah berkembang pesat juga. Akan tetapi perlu dilakukan evaluasi lagi efek buruk apa aja yg mungkin bisa terjadi, sehingga bisa membuat beberapa plan untuk mengatasi hal tersebut. Terima kasih

  49. Bagus untuk peningkatan mutu pangan, bahan pangan semakin baik mutunya dibandingkan pangan pada umumnya

  50. Diharapkan dapat terus berkembang, menghasilkan produk unggul untuk bangsa dan bersaing hingga ke manca negara

  51. Bagus untuk produk pangan indonesia kedepannya, karena produk pangan bioteknologi sendiri memiliki manfaat” dan kelebihan tersendiri.

  52. Bagus. Untuk indonesia lebih sehat dan dapat meningkatkan produktivitas tanaman pangan khususnya di jember. Selain itu, juga dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi masyarakat jember

  53. Menurut saya produk bioteknologi pangan sangat berguna untuk meningkatkan kualitas produk pangan

  54. Saya rasa, pengembangan produk pangan bioteknologi harus dikembangkan lebih lanjut terlebih dahulu dengan memperbanyak penelitian untuk benar-benar menjamin kualitas produk yang tidak membahayakan tubuh manusia dan lingkungan. Kita juga perlu belajar banyak riset dari luar negeri tentang cara memvalidasi produk biotek untuk menjamin keamanan pangan. Apabila produk biotek ini telah divalidasi oleh sumber yang terpercaya dan memenuhi kualifikasi tertentu serta mendapat semacam sertifikat layak pangan, saya yakin masyarakat akan lebih merasa aman dan terbuka untuk menerima produk pangan bioteknologi ini.

  55. Menurut saya dengan adanya produk bioteknologi akan sangat bermanfaat bagi beberapa pihak. Pertama dalam si produsen dengan mengeluarkan atau mengelola pangan bioteknologi akan mendapatkan hasil produksi melimpah. Namun pada konsumen biasanya agak takut untuk membeli, karena terkadang pembeli kurang informasi dan menganggap lebih baik membeli pangan yang alami.

  56. Dengan adanya produk pangan bioteknologi diharapkan bisa menjadi inovasi baru dalam pengolahan pangan dan bisa menjadi revolusi baru dalam dunia pangan

  57. Produk pangan bioteknologi mempunyai keuntungan dan kerugian, di sisi lain keuntungan dapat memproduksi bahan pangan tinggi, tetapi kontra dengan mengganggu keanekaragam hayati.

  58. Saya mendukung produk hasil bioyeknologi, dengan adanya bioteknologi diversifikasi pangan semakin meningkat. Selain itu hasil dari bioteknologi juga meningkatkan nutrisi pangan bahkan dapat dijadikan peluang untuk meningkatkan nilai produk pertanian

  59. Produk pangan bioteknologi adalah suatu produk pangan yang telah mengalami peningkatan baik dalam segi kualitas ataupun kuantitasnya. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan suatu produk yang unggul dan dapat menguntungkan bagi manusia yang mengembangkan suatu produk bioteknologi tersebut. Selain itu juga produk pangan bioteknologi juga memberikan kerugian atau bisa disebut kekurangan yang dapat menimbulkan dampak negatif atau efek samping bagi pengonsumsinya. Oleh karena itu, kita sebagai mahasiswa harus mampu menciptakan dan mengembangkan secara terus menerus dengan cara melakukan penelitian mengenai produk bioteknologi tersebut sehingga kerugian atau kekurangan yang dapat memberikan dampak negatif tersebut dapat terminimalisir. Jadi, produk pangan bioteknologi yang dihasilkan akan memberikan dampak positif bagi manusia tanpa memberikan efek samping bagi pengonsumsinya.

  60. Produk pangan bioteknologi harus lebih ditingkatkan, karena produk pangan tersebut memiliki manfaat dan keuntungan bagi manusia

  61. Dengan adanya bioteknologi, aneka pangan akan bertambah dan diharapkan dengan adanya bioteknologi adanya peningkatan gizi masyarakat yg berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat yg meningkat

  62. Produk bioteknologi membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang mana hasil dari bioteknologi lebih unggul dari produk non bioteknologi, namun masyarakat belum mengetahui pasti mengenai bioteknologi ini terutama bagi petani sendiri belum merasakan secara langsung tanaman hasil bioteknologi sehingga kurang berpengaruh pada produksi panen petani.

  63. “Pengembangan bioteknologi harus selalu diawasi dan diuji secara seksama sebelum dilepas ke masyarakat luas, juga perlu dilihat halal atau haramnya.
    Produk bioteknologi dapat memberi dampak positif ataupun negatif namun dampak ini dapat diringankan jika disikapi dengan baik dan bersama-sama dalam mengatasinya”

  64. Dengan adanya produk pangan bioteknologi kita dapat menghasilkan olahan makanan yang mengandung gizi tinggi, mampu menciptakan hasil makanan baru dengan hasil fermentasi & zat mikroogrnaisme. Akan tetapi produk pangan bioteknologi ini harus diperhatikan dgn baik dan diawasi ketat keamanannya agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit

  65. Penerapan ilmu bioteknologi harus terus di kembangkan, tak perlu terlalu memikirkan sikap orang lain yang pesimis. Jadi pengetahuan tersebut harus di kembangkan dengan mengukur resiko yang terjadi, bioteknologi kan dilakukan untuk meningkatkan kualitas dengan sedikit mengurangi penggunaan zat kimia berbahaya secara berlebih. Menurut saya begitu. Kembangkan?

  66. Mahasiswa/siswi universitas jember sangat kreatif dengan mengembangkan produk pangan bioteknologi di UNEJ

  67. Produk pangan bioteknologi saya rasa perlu untuk kehidupan manusia karena manusia membutuhkan banyak nutrisi untuk kehidupannya, jadi dengan adanya sedikit modifikasi terhadap sumber pangan untuk meningkatkan kualitasnya itu merupakan kegiatan yg sangat diperlukan dan perlu untuk terus ditingkatkan.

  68. Sangat bagus untuk bisa diwujudkan, dan diterapkan dalam masyarakat,. Karena manfaatnya juga banyak

  69. Baik, karena bisa memperbaiki kualitas pangan yang sebelumnya ada. Sehingga dengan adanya bioteknologi pangan ini mungkin bisa menciptakan produk yg lebih baik.

  70. Menurut saya, produk pangan bioteknologi juga menghasilkan produk yg nilai gizinya tinggi sesuai dgn bahan yg digunakan.

  71. Semua tergantung pada kebijakan dan dukungan pemerintah, serta sampai sejauh mana industri dan sektor pertanian kita mau memanfaatkan dan berinvestasi dalam bioteknologi.

  72. Jika dilihat dari artikel yang sudah dijelaskan baik kandungan maupun misi yg akan dikembamgkan kedepannya, saya sangat setuju. Hanya saja bagaimana cara mahasiswa dalam mengemas itu semua agar terlihat layaknya berlian yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Indonesia. Sekian terimakasih

  73. Produk bioteknologi memang memiliki manfaat yang lebih dari produk pada umumnya. Akan tetepi untuk standar pengolahan dan pengawasan mutu perlu diperhatikan supaya tidak menimbulkan alergi ataupun bahaya lainnya.

  74. Pemanfaatan bioteknologi bagi kelangsungan kehidupan sehari-hari sangatlah memiliki peranan yang penting bagi masyarakat . Produk yang dihasilkan dari bioteknologi dapat membantu kesejahteraan masyarakat . Indonesia Sebagai negara maritim sektor pertanian menjadi sektor unggulan dalam upaya mempertahankan ketahanan pangan . Penerapan bioteknologi pada bidang pertanian seperti artikel diatas yaitu inovasi tebu tinggi kandungan sukrosa ini perlu di sosialisasi kan serta dikenalkan lebih lanjut pada masyarakat agar masyarakat lebih tau mengenai bioteknologi ini dengan demikian para petani khususnya akan memiliki pengetahuan lebih seputar bagaimana bioteknologi itu, bagaimana contoh contoh bioteknologi yang dapat di aplikasi kan pada sektor pertanian , bagaimana dampak dari pemanfaatan bioteknologi ini serta lainnya . Kemudian masalah pro dan kontra terkait bioteknologi ini menurut saya untuk menghindari bahaya dari produk bioteknologi ini perlu dilakukan pengujian secara klinis agar tidak terjadi keracunan zat ataupun yang lainnya bagi masyarakat juga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dalam pengembangan bioteknologi agar manfaat yang dihasilkan selalu berdampak positif bagi masyarakat . Saya sebagai mahasiswa universitas Jember sangat bangga sekali karena di kampus kebangsaan ini lah mampu mencetak lulusan lulusan terbaik di bidang bioteknologi dan kesehatan. Semoga universitas Jember selalu Jaya terdepan sebagai institusi unggulan dalam bidang bioteknologi dan kesehatan.

  75. Perlu dibuat inovasi yang tidak merugikan lingkungan. Selain itu benar-benar dikembangkan agar lebih aman dikonsumsi manusia, tidak hanya dalam jangka pendek akan tetapi jangka panjang juga.

  76. Produk pangan bioteknologi saya rasa sangat dibutuhkan dalam masa-masa seperti ini. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh, baik dari segi hasil produksi, maupun kualitas. Di lain sisi, produk bioteknologi merupakan suatu terobosan baru untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam produksi tanaman. Selain menguntungkan petani, produk-produk bioteknologi juga merupakan kunci utama yang telah menyelamatkan jutaan hidup manusia dari kelaparan.

  77. Produk pangan bioteknologi memiliki kualitas produk yang dapat bersaing dengan produk pangan lainnya. Namun dalam pengaplikasiannya, perlu dilakukan peninjauan ulang agar dapat menguntungkan banyak pihak baik dari petani komersial, peneliti, dan konsumen tentunya.

  78. Menurut pendapat saya, disini produk pangan bioteknologi ini terdapat banyak dampak positifnya jadi kita harus memanfaatkan secara maksimal dampak positif dari bioteknologi itu sendiri. Tetapi juga harus bisa mengatasi permasalahan yg timbul misalnya disini dari dampak negatifnya jika pengguaan bioteknologi yg berlebihan akan menimbulkan organisme baru yg liar dan semakin berkurangnya produk pangan yg asli. Dari sini mungkin boleh dilakukan tetapi tidak berlebihan untuk penggunaanya.

  79. Kurang adanya penyuluhan terhadap masyarakat awam, yang mana masyarakat umum masih kurang mengerti bentuk dan manfaat dari produk pangan bioteknologi

  80. Produk pangan menjadi kebutuhan utama bagi manusia jadi dengan adanya produk pangan dari bioteknologi dapat menambah variasi pangan untuk konsumsi sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan adanya teknologi-teknologi baru

  81. Bioteknologi sangat bagus untuk kebutuhan pangan yang sangat besar di tahun 2019 ini maupun untuk kedepannya

  82. Sangat menguntungkan, karena produk pangan hasil bioteknologi lebih baik atau lebih unggul (dari berbagai sisi) dari produk pangan tanpa memanfaatkan bioteknologi. Meskipun ada sisi merugikan, diharapkan menimimalisir kerugian tersebut.

  83. Menurut saya perlu sosialisasi terkait perkembangan produk pangan bioteknologi karena banyak isu diluar sana terkait bahaya mengkonsumsi produk pangan bioteknologi, saya setuju karena pengembangan bioteknologi tidak perlu lahan banyak akan tetapi teknik serta pengembangan an nya masih awam untuk kalangan masyarakat umum

  84. Seperti hal nya tempe, yogurt, tape, natadecoco, dan lain nya, pangan tersebut hal nya sudah lumrah masyarakat ketahui namun masih sebagian orang saja yg dapat mengetahui bahwa pangan tersebut merupakan pangan bioteknologi , sejauh ini masyarakat menikmati makanan tersebut, tidak mengakibatkan hal yang buruk

  85. Saya setuju dengan adanya pengembangan produk pangan bioteknologi. Karena dengan bioteknologi juga menunjukkan perkembangan di indonesia baik dari teknologinya maupun pertaniannya. Bioteknologi juga dapat menambah harga jual dari suatu produk.

  86. Produk bioteknologi sudah tepat digunakan dalam kehidupan sehari hari, namun karena adanya pro dan kontra dari masyarakat sendiri maka harus ada sebuah keseimbangan seingga tetap menjaga kesehatan dari masyarakat atas perkembangan bioteknologi tersebut.

  87. Produk pangan bioteknologi sangat bermanfaat bagi keberlangsungan eksistensi Sumber Daya Alam.

  88. Saya rasa akan berdampak baik terhadap pertanian di Indonesia dan hal tersebut bisa memajukan pertanian di Indonesia supaya berkelanjutan dan berkembang dengan baik.

  89. “Dari penjelasan di artikel diatas.
    Dengan adanya bioteknologi, terutama di negara Indonesia, Masyarakat bisa bercocok tanam meskipun dicuaca ekstream sekaligus
    , selain itu hasil panen yang didapat melimpah, masa panen lebih cepat bahkan kualitas dari pangan tersebut bisa lebih bagus dari biasanya. Namun sedikit penduduk Indonesia yang mengetahuinya terutama yang tinggal di pedalaman.”

  90. Menurut saya, produk pangan bioteknologi harus terus dikembangkan khususnya di negara berkembang sepertinya Indonesia.

  91. Dengan adanya bioteknologi kita akan mudah untuk menghasilkan suatu produk dan meningkatkan kualitas yg baik dan mampu dalam membantu menemukaninformasi yg tersembunyi dan memberi manfaat kepada berbagai pihak baikb dari pemerintah maupun peneliti pengusaha

  92. Wajib ditingkatkan dan dikembangkan lebih lanjut oleh mahasiswa sehingga kebutuhan pangan dapat dipenuhi dengan baik yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun produk tersebut harus memberikan rasa aman , sehat , dan bergizi bagi para konsumen sehingga rasa kepercayaan dari rakyat akan meningkat dengan pesat.

  93. Menurut saya fine fine saja dengan produk pangan bioteknologi selama tidak ada dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan dan telah lulus uji sebagai produk pangan yang tidak membahayakan. Karena perkembangan teknologi yang maju pastinya akan berdampak positif bagi negara dan masyarakat nya sendiri

  94. Sangat setuju agar para petani khusus nya dapat meminimalisir pembusukan buah pada saat panen nnti dengan syarat Produk pangan bioteknologi tidak berada disekitaran padat pemukiman

  95. Tidak merubah rasa aslinya, mungkin lebih baik. Dengan adanya bioteknologi juga dari hulu sampai hilir suatu komoditas bisa terstruktur. Terlebih lgi tebu misalnya, disaat musim yg tidak cocok dengan tebu (kering) maka dg bioteknologi maka hasil tebunya lebih manis.

  96. Produk pangan bioteknologi merupakan salah satu bentuk diversifikasi pangan, sehingga manusia tidak tergantung pada satu jenis pangan saja. Namun bioteknologi pangan juga harus dibarengi dengan uji keamanan pangan agar mengetahui dampak selanjutnya

  97. Produk pangan bioteknologi sebenarnya sangat membantu untuk mensuplai kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Kurangnya penyuluhan akan manfaat bioteknologi mengakibatkan orang awam masih mengira produk bioteknologi tidak aman untuk dikonsumsi. Jika dengan takaran atau penelitian yang pas pastinya produk bioteknologi aman aman saja untuk di konsumsi dan dipasarkan

  98. sangat bermanfaat selain berperan dalam enonomi pangan. juga bermanfaat dalam bidang pengembangan teknologi.

  99. Menurut saya pribadi, memang ada pro dan kontranya sih. Produk biotek biasanya memang lebih unggul drpd produk tanoa biotek karena sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Jika melihat bahaya atau tidaknya, pasti ada beberapa produk yg memiliki tingkat keamanan beda2. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian yg sangat matang mengenai produk2 yg akan dihasilkan. Lalu dipertimbangkan efek sampingnya (tinggi rendahnya). Pemerintah juga harus ikut andil utk mensosialisasikan hal2 mengenai biotek ini mulai dari proses hingga standart makanan biotek yg aman seperti apa.

  100. Menurut saya tidak masalah selagi produk bioteknologi tersebut memberikan efek menyehatkan bagi tubuh

  101. Produk pangan bioteknologi mungkin memiliki keunggulan-keunggulan yang lebih dari pada produk pangan biasa. Namun hal tersebut dapat memunculkan masalah2 baru yang belum diketahui sebelum melakukannya. Bisa jadi masalah tersebut menjadi masalah2 baru. Misalnya pada lingkungannya, kita tidak tau ketika kita menghilangkan komponen suatu tumbuhan dan menggantinya yg baru akan berdampak seperti apa

  102. Membantu dalam produktivitas hasil pangan karena dengan adanya produk pangan bioteknologi akan menambah hasil-hasil pangan yang baru dengan memanfaatkan proses biologi dengan begitu bukan hanya produktivitas pangan saja yang akan meningkat tetapi dalam bidang ekonomi juga akan meningkat. Dengan adanya pangan hasil bioteknologi yang digagas oleh seseorang akan memicu pula para penggagas lain untuk ikut serta dalam meningkatkan pengembangannya sehingga dengan begitu pemikiran pemikiran scientist akan tercipta

  103. Menurut saya mengenai adanya produk pangan ini memberikan dampak positif dalam hal peningkatan mutu atau lainnya. Namun perlu adanya sosialisasi mengenai pangan ini sehingga pandangan mengenai dampak pada tubuh sebenarnya itu seperti apa.

  104. Bioteknologi berperan penting dalam kegiatan produksi pertanian maupun penyediaan pangan. Tanaman yang berasal dari bioteknologi memberikan solusi bagi petani dalam memecahkan masalah saat kegiatan budidaya. Hasil produksinya juga membantu dalam agroindustri maupun memberi keunikan tersendiri mulai dari rasa dn lain2. Namun satu hal yang memang perlu di tekankan bahwa bioteknologi yang memberikan perubahan atau penambahan beberapa sifat pada hasil tanaman bioteknologi juga memiliki potensi untuk mengakibatkan komplikasi alergi baru karena itu harus perlu adanya pendampingan dan pengawasan selama kegiatan bioteknologi.

  105. Cukup menarik, karena dapat memproduksi bahan pangan yang lebih baik namun produk tersebut harus memperhatikan kandungan gizi yg ada di dalamnya supaya pemasaran produk tersebut dapat bersaing dengan produk alami

  106. Dengan adanya produk pangan bioteknologi dapat membantu meningkatkan kualitas tanaman pangan di indonesia agar dapat bersaing dengan produk-produk unggul luar negeri

  107. Produk pangan bioteknologi sangatlah baik untuk menjadikan bidang pertanian di Indonesia menjadi lebih maju, nanum perlu diingat lagi bahwa semua sesuatu pasti punya dampak positif dan negatif. Jadi harus dipikirkan lagi dampak negatifnya agar para pelaku pertanian dan konsumen tidak dirugikan. Terimakasih.

  108. Kebutuhan utama untuk mengatasi permasalahan di dunia pertanian Indonesia. Karena penggunaan bioteknologi untuk meningkatkan produksi pertanian.

  109. Saya mendukung dengan adanya produk pangan bioteknologi, Yang Saya harapkan semoga penelitian ini bisa mengubah masalahnya pangan di Indonesia. Alangkah baiknya Salam artikel ini disajikan data hasil percobaannya sehingga kami bisa menerima informasi ini dengan jelas

  110. Dari apa yang saya baca dari artikel di atas, keuntungan menggunakan produk pangan bioteknologi lebih banyak daripada kekurangannya. Jadi saya setuju dengan mengenalkan produk bioteknologi pada masyarakat , sehingga kekurangan yang ada dapat segera ditemukan solusinya. Terlebih lagi produk bioteknologi ini memiliki tujuan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk pangan yang lebih baik.

  111. MENURUT SAYA PRODUK PANGAN BIOTEKNOLOGI SANGATLAH PENTING BAGI PENDUDUK. DARI BAHANNYA YG ALAMI DAN JUGA KETAHANANNYA CUKUP LAMA KARNA ADA SUKROSA DLL

  112. Dengan pengolahan pangan berbasis ilmu pengetahuan, dapat menjadikan varian produk pangan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas, dengan tetap memperhatikan nilai gizi yg terkandung didalam produk

  113. Sebaiknya memang perlu karna disamping memberikan manfaat yang cukup menguntungkan juga baik untuk proses pertumbuhan tanaman.

  114. Produk Bioteknologi sebenarnya adalah suatu pencapaian yang luar biasa dalam bidang sains. Penggunaan produk Biologi juga sangatlah membantu kehidupan sehari-hari, namun setiap penemuan pasti ada dampak positif dan negatifnya. Sebagai manusia yang berpengetahuan kita juga harus bisa minimal mengurangi dampak negatif dari bioteknologi sehingga tidak menggangu kehidupan manusia kedepannya.

  115. Sebagai terobosan dan inovasi yang lebih baik dari produk pangan murni, sah-sah saja bila produk bioteknologi menjadi pro di masyarakat. Kontra yang ada bisa dijadikan evaluasi untuk produk teknologi yang lebih baik lagi kedepannya. Terimakasih

  116. Mantap lanjutkan dan terus berinovasi. Saya berharap produk2 itu dapat diterima oleh masyarakat umum

  117. “Menurut Saya, produk pangan bioteknologi merupakan pengembanga tentang hasil pertanian yang sudah ada menjadi lebih baik, namun aspek kesehatan juga menjadi tantangan bagi peneliti agar menjadikan produk pangan bioteknologi yang tidak menimbulkan masalah kesehatan karena nantinya akan dikonsumsi masyarakat umum. Perlu juga edukasi kepada masyarakat mengenai produk pangan tersebut agar masyarakat dapat menerima dengan baik.

  118. Bagus, harus memperhatikan baik dan buruknya hasil bioteknologi untuk manusia maupun lingkungan itu sendiri.

  119. saya rasa bioteknologi cukup bermanfaat, asal di bekali dengan ilmu yang cukup bioteknologi ini sangat membantu para petani dalam hal kualitas produk juga sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam hal pengonsumsi an.

  120. Saya setuju dengan adanya bioteknologi, karena itu dapat meningkatkan kualitas pangan menjadi lebih baik lagi, tetapi dengan syarat harus melalui pengujian yg matang agar tidak membahayakan masyarakat

  121. Menurut saya, produk bioteknologi khususnya di bidang pangan dewasa ini perlu dikembangkan lagi ke depannya dari segi kualitas dan mutu produk. Karena apa, mengingat cuaca di Indonesia yang sekarang ini dapat dikatakan ekstrem dan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman yang dapat mengakibatkan gagal panen sehingga dapat merugikan petani dan juga konsumen. Hal ini akhirnya berdampak pada ekonomi nasional sehingga menimbulkan impor besar-besaran di sektor pangan. Dengan keuntungan produk yang dapat beradaptasi dengan lingkungan buruk sekalipun, saya rasa hal ini merupakan terobosan yang patut dicoba. Dan juga perlu diberikan perhatian lebih terhadap mutu produk agar nantinya produk yang dihasilkan lebih terjamin serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.

  122. Sangat bermanfaat untuk menghasilkan makanan bergizi tinggi , menghasilkan makanan dan minuman hasil fermentasi alkohol.

  123. Apabila kontra2 yg anda sebutkan diatas sudah memiliki solusi yg tepat nantinya, saya rasa keberedaan pangan bioteknologi ini wajib kita dukung utamanya pemerintah

  124. Jika disuruh memilih saya setuju jika ada produk pangan bioteknologi, selama itu tidak berbahaya bagi tubuh menurut saya tidak masalah

  125. sangat membantu dalam meningkatkan nilai mutu dan jual produk olahan indonesia khususnya dibidang pertanian

  126. Dengan adanya produk pangan bioteknologi dapat meningkatkan kualitas dari tanaman yg di kembangkan tersebut dimana tanaman pangan tersebut tidak kalah saing dengan produk luar negeri sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan pangan di dalam negeri dan dapat mengurangi impor tetapi dengan adanya aplikasi bioteknologi juga harus memperhatikan keseimbangan lingkungan sekitar agar tidak menimbulkan masalah baru terkait dampak atau faktor dari aplikasi bioteknologi tersebut

  127. Produk pangan bioteknologi harusnya lebih dikembangkan lagi. Dari segi penelitian, pendalaman ilmiah ataupun secara penerapan/produksi. Karena seperti kita tau dengan adanya produk bioteknologi itu banyak mendapatkan manfaat seperti menghasilkan buah dengan hasil terbaik, waktu panen lebih singkat, selain itu bisa sebagai inovasi dalam melakukan kewirausahaan atau dengan kata lain untuk mendapatkan manfaat dari segi ekonomi/profit.

  128. Karena penempatan dari penggunaan biotek tersebut tepat, maka manfaat yg dihasilkan akan semakin bagus..

  129. Menurut saya kederadaan produk pangan bioteknogi sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, selain untuk menambah varian produk makanan, dengan menggukan kecanggihan teknologi yang menguntungkan bagi tubuh manusia untuk mendapatkan produk pangan bioteknologi dengan nilai gizi yang lebih tinggi ketimbang produk bahan baku pembuatan produk pangan bioteknologi sendiri, panganan dapat lebih awet, serta dapat bernilai jual tinggi

  130. Menurut saya dengan adanya produk ini mungkin bisa menciptakan varietas baru yang memiliki kualitas tinggi namun yang saya takutkan varietas asli akan hilang dan mungkin produk baru tersebut lebih banyak menimbulkan hal negatif

  131. Menurut saya, produk pangan bioteknolongi bisa membantu mengatasi kesulitan pangan yang sering terjadi di Indonesia. Namun disisi lain saya juga bisa melihat kira2 dampak yang ditimbulkan. Seperti yang dipaparkan diatas, bahwa hal ini bisa mengganggu keseimbangan ekosistem. Tapi di sisi lain, produk pangan bioteknologi ini benar2 bisa menjadi solusi. Penerapan produk pangan bioteknologi ini sebaiknya dilakukan atau dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam artian ini tetap bisa menghasilkan produk pangan baru namun tetap menyeimbangkan diri dengan keadaan ekosistem lingkungan dan tidak membawa dampak yang buruk bagi sekitar. Terima kasih.

  132. cukup membantu, karena dengan adanya produk-produk baru dapat menciptakan peluang terhadap masyarakat terutama untuk petani yang saat ini cuaca tidak menentu

  133. Bagus, karena dari apa yang saya dengar produk bioteknologi tahan akan perubahan cuaca ekstrim dan akan memberikan dampak baik bagi masyarakat

  134. Produk bioteknologi sangat bermanfaat selain dapat menambah nilai jual dan gizi pada makanan

  135. “Jika itu untuk meningkatkan kualitas itu baik.
    Apalagi sekarang persaingan semakin ketat, dan kita perlu memperhatikan agar pangan yg dikonsumsi kita jangan sampai impor dr luar negri.
    Produk bioteknologi ini sangat erat dengan sustainable development goals.”

  136. Produk pangan bioteknologi sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sebuah produk, dengan meningkatnya kualitas sebuah produk hal ini mampu menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi ataupun mengolahnya menjadi sebuah produk baru

  137. “Produk bioteknologi menurut saya sangatlah membantu untuk ketahanan pangan di Indonesia, meskipun begitu banyak polemik yang berpendapat bahwa produk transgenik memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Namun saya yakin apabila produk tersebut sudah melalui monitoring dan screening yang benar sesuai alur birokrasi untuk perilisan produk transgenik. Produk ini aman untuk di pakai.
    Salam bioteknologi “

  138. Produk pangan bioteknologibioteknologi memiliki potensi yang Bagus bagi IndonesiaIndonesia . Karena hal tersebut dapat menyeimbangkan pangan pangan Indonesia . Dengan didasarkan pada urgensi yang ada

  139. Produk pangan bioteknogi dapat menjadi sebuah inovasi baru dalam pengembangan ekonomi terkhusus pada peningkatan bahan pangan namun keberadaannya memang belum banyak diketahui bahkan dipahami masyarakat Indonesia. Oleh karena itu ada baiknya sosialisasi ataupun pengenalan produk pangan bioteknologi harus terus ditingkatkan. Agar para masyarakat tidak awam dengan produk bioteknologi tersebut

  140. Produk pangan bioteknologi perlu ditingkatkan lagi dalam penggunaannya, karena produk pangan bioteknologi ini sangat menguntungkan yaitu dapat memperbaiki mutu pangan di Indonesia. Namun dalam pengaplikasiannya harus ditingkatkan dan dikembangkan lagi agar produk pangan bioteknologi ini aman untuk dikonsumsi

  141. Saya setuju, mensupport dan lanjutkaan hehehe.. karena akannbermanfaat sekali untuk masyarakat agar mendapatkan makanan yang bergizi danlebih tahan lama

  142. enurut saya perlu sosialisasi terkait perkembangan produk pangan bioteknologi karena banyak isu diluar sana terkait bahaya mengkonsumsi produk pangan bioteknologi, saya setuju karena pengembangan bioteknologi tidak perlu lahan banyak akan tetapi teknik serta pengembangan an nya masih awam untuk kalangan masyarakat umum

  143. ya menurut situasi kondisi dan toleransi antar umat beragama produk pangan bioteknologi ini akan sangat membantu bangsa dan negara serta agama

  144. Kalau bisa produk tersebut bisa di implementasikan kepada masyarakat sehingga bisa bermanfaat buat semua orang khususnya para petani kita

  145. sangat baik karena dapat mengatasi kekurangan bahan makanan seperti vitamin maupun protein atau yang terkandung dalam tumbuhan tersebut

  146. Produk Bioteknologi mungkin akan sangat berguna di masa mendatang maka dari itu produk bioteknologi perlu dikembangkan

  147. Kalau bisa produk tersebut bisa di implementasikan kepada masyarakat sehingga bisa bermanfaat buat semua orang khususnya para petani kita

  148. Bioteknologi dalam bidang pangan merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi dan lainnya) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan bahan pangan.

  149. Setuju apabila hal tersebut sudah dipastikan aman dan tidak menimbulkan dampak langsung maupun tidak langsung(dampak panjang)

  150. Sebaiknya di implementasikan pada masyarakat sehingga dapat bermanfaat dan juga dapat menjadikan ketahanan pangan nasional

  151. Memang penting untuk memproduksi hasil pangan yg memiliki keunggulan2 tertentu akan tetapi terdapat dampak2 negative dari penggunaan produk2 bioteknologi bagi lingkunagan dan kesehatan

  152. Menurut saya, produk pangan teknologi sangatlah penting karena dengan adanya bioteknologi dapat melipatgandakan hasil panen untuk pasokan pangan terlebih lagi diimpor untuk menambah pemasukan bagi negara. Selain dilihat dari segi kuantitas, peningkatan pada segi kualitas sendiri sangatlah baik untuk kelangsungan hidup tanaman serta meningkatkan daya beli masyarkat. Namun sesuatu peningkatan teknologi seperti itu harus diteliti dan antisipasi lagi lebih dalam agar tidak menimbulkan resiko terutama yang berhubungan dengan kesehatan. Karena jika memang sudah banyak didistribusikan pada masyarakatdan teenyata menimbulkan penyakit, ini juga merupakan masalah besar bagi negara. Sehingga untuk lebih baiknya diantisipasi lebih dahulu sebelum timbul adanya kasus penyakit baru yang mengancam kehidupan masyarakat.

  153. Produk pangan bioteknologi memberikan keuntungan lebih kepada petani karena hasil panen yang cenderung mudah membusuk akan teratasi oleh produk tersebut.

  154. Setuju bila kandungan hasil produk pangan masih dalam batas yang disarankan badan/ instansi pangan terkait.

  155. Bagus , hanya saja kurang akan pemasarannya saja , jika sudah tepat pemasaran pasti akan sangat bagus

  156. Menurut saya produk pangan bioteknologi sangat tepat untuk diberlakukan atau di implementasikan di era saat ini kepada masyarakat,Namun pada pengimplementasiannya perlu pendekatan khusus kepada masyarakat awam yang belum mengenal produk pangan tersebut.

  157. Setiap teknologi baru yang muncul pasti ada dampak positif dan negatifnya. Untuk penerapan nya supaya di pikirkan betul-betul dampak mana yg lebih banyak, positif atau negatif.

  158. Sangat inovatif, meringankan pekerjaan petani, ramah lingkungan, tidak terlalu banyak menggunakan pupuk atau insektisida yang merugikan ekosistem sekitar tanaman dan ekosistem tanah

  159. Produk pangan yang dihasilkan melalui bioteknologi cukup memuaskan. Apabila dilakukan secara benar maka produk tersebut dapat menjadi produk yang bermanfaat. Terdapat beberapa efek negatif berupa munculnya alergi baru bagi manusia mengakibatkan sebagian orang tidak sependapat bahwa produk bioteknologi dapat dihasilkan dan diproduksi secara besar-besaran. Saya rasa apabila dampak negatif dari produk ini dapat diminimalisir, produk bioteknologi dapat terus diproduksi guna mencukupi kebutuhan pangan yang semakin tinggi.

  160. Produk pangan bioteknologi dapat berguna untuk mengatasi kekurangan pangan di beberapa daerah di Indonesia karena tidak menentunya keadaan musim sekarang ini membutuhkan inovasi yang lebih agar kebutuhan pangan tetap terpenuhi dan dengan kualitas yang baik pula.

  161. “Saya setuju jika produk pangan bioteknologi dijadikan bahan pangan oleh masyarakat umum. Karena hal tersebut sangat menguntungkan untuk meminimalisir tingkat kerugian yang dialami oleh petani (gagal panen akibat cuaca di indonesia yang ekstrem), selain itu juga bisa meningkatkan ketersediaan pangan untuk masyarakat umum.
    Karena dewasa ini perkembangan bioteknologi memang perlu dikembangkan. Namun dengan melihat pro dan kontra dengan adanya bioteknologi ini diharapkan mampu mempertimbangkan dampak positif maupun negatifnya.
    Dengan artian jika ada dampak positif dari penggunaan bioteknologi tersebut harus bisa mencari penanggulangan dari dampak negatif yang nantinya akan di timbulkan seperti ketidakseimbangan lingkungan.
    Terimakasih.”

  162. Produk Bioteknologi pastinya memiliki keunggulan daripada produk lainnya. Melalui produk2 bioteknologi dapat dihasilkan sumber pangan yang lebih baik dan unggul. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi dan asupan tambahan untuk dijadikan sumber makanan. Ini sejalan dengan matakuliah yang daya pelajari di FKM terkait Gizi Masyarakat. Saya rasa dengan produk2 bioteknologi yg ada harapannya dapat meningkatkan pemerataan status gizi masyarakat Indonesia dan menjaga ketahanan pangan.

  163. Produknya bagus. Perlu dikembangkan namun tetap memperhatikan lingkungan sekitar termasuk manusia agar tidak merugikan sekitar.

  164. Menurut pendapat saya dengan adanya produk pangan biotek, memberikan kemudahan tersendiri bagi konsumen maupun produsen. Seperti yg telah disebutkan di artikel atas, dengan adanya biotek pangan pada tebu, tebu menjadi lebih manis. Contoh lain seperti meningkatkan daya tahan terhadap hama dan penyakit dengan biotek

  165. Karena saya belum pernah mencicipi tanaman tersebut belum tahu betul apa efeknya bagi diri dalam jangka panjang saya bingung mau komentar apa

  166. Bagus untuk kemajuan pertanian Indonesia. Sehingga tidak diperlukan utk impor, klo bisa ekspor.

  167. Merupakan salah satu inovasi baru yang diharapkan dapat memajukan sektor pertanian di Indonesia. Pelru dilakukan penelitian lebih lanjut terkait keamanan dari produk yang dihasilkan.

  168. Setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Produk pangan bioteknologi ini memiliki banyak manfaat dan merupakan inovasi baru yang unik pada bidang pertanian khususnya. Di sisi lain, masih terdapat pro dan kontra masyarakat mengenai produk pangan bioteknologi ini. Pro dan kontra ini termasuk wajar karena masyarakat belum mendapatkan informasi yang lengkap dan tepat, sehingga timbul beberapa asumsi yang mengkhawatirkan bagi masyarakat. Sehingga, perlu adanya sosialiasi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat mengenai teknologi baru ini.

  169. Terdapat banyak keunggulan dan manfaatnya seperti tingkat kematangan nya yang lama sehingga di daerah yang berbeda lebih tahan lama, Meningkatkan nilai gizi dari produk-produk makanan dan minuman, teknologinya juga sederhana

  170. Akan meningkatkan penghasilan dari petani. Sehingga para petani tidak harus ngutang sana sini untuk bercocok tanam. Apalagi ketika musim paceklik atau gagal panen, banyak yang akhirnya beralih profesi. Dan hasil dari bioteknologi dapat meminimalisir harga pangan yang terus melambung

  171. Produk pangan bioteknologi sangat bermanfaat dalam pemenuhan pangan masyarakat. Karena masyarakat dapat menanam tanaman dengan bibit unggul dengan hasil yang baik , serta bernilai jual tinggi pula. Bagi masyarakat yang membeli atau mengkonsumsi juga bermanfaat, karena mereka mendapat pangan yang bergizi tinggi.

  172. Menurut saya produk pangan bioteknologi sangat baik dengan adanya hal tersebut dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari beberapa olahan pangan tersebut dan juga memperoleh berbagai manfaat lainnya

  173. Produk pangan bioteknologi menghasilkan produk dengan kualitas yang unggul dan bermanfaat bagi manusia

  174. Menurut saya efektif karena bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit. Dan hasil yang didapatkan menguntungkan

  175. Menurut saya dengan adanya produk pangan bioteknologi ini dapat melatih mahasiswa maupun anak generasi muda untuk mengembangkan ide -ide untuk membuat produk” pangan bioteknologi lainnya serta dapat diimplementasikan ke masyarakat untuk meningkatkan perekonomian. selain itu untuk memproduksi pangan bioteknologi ini juga tidak membutuhkan bahan yang banyak tetapi memerlukan teknik serta langkah” dalam pembuatannya yang dapat diserap oleh masyarakat.

  176. Produk pangan bioteknologi perlu disosialisasikan kepada masyarakat karena kita tahu sendiri bahwa produk pangan bioteknologi sangat menguntungkan dan dapat menghasilkan pangan yang bergizi tinggi. Dengan kita mengonsumsi produk pangan bioteknologi kita dapat meningkatkan nilai gizi atau bahkan menciptakan makanan baru dengan nilai gizi yang tinggi dan sehat, mengatasi kekurangan bahan makanan dengan cepat karena proses yang mudah dan waktu yang singkat serta tidak memerlukan lahan yang luas, dapat menciptakan makanan baru yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

  177. Mungkin harus ada penelitian lebih lanjut . Agar tidak ada pro dan kontra lagi terhadap tersebut

  178. Mungkin sebagai orang awam seperti saya tidak setuju karena saya dari membaca sekilas artikel diatas merasakan ada bahaya jika produk itu di konsumsu oleh masyarakat

  179. Perlu di kembangakan namun tetap seimbang. Mengembangkan dan juga meneliti penyakit yang timbul akibat mengkonsumsi secara berlebihan

  180. Produk memang lebih memiliki nilai unggul dri segi fisik maupun hasil tanaman tersebut. Tanaman ini baik untuk dikembangkan karena dapat meningkatkan produk tanaman. Selain itu mengingat indonesia memiliki tanah yg subur sehingga juga dapat mempengaruhi dalam proses penanaman tanaman tsb. Namun dalam pengembangan juga harus dikaji lebih mengingat resiko yg dimasa depan.

  181. Menurut saya produk pangan bioteknologi seharusnya dapat dikembangkan lagi, karna dengan adanya produk pangan bioteknologi saya pribadi merasa diuntungkan. Dengan adanya penemuan2 yg baru, akan menjadikan tanaman2 lebih unggul. Saya sangat mengapresiasi adanya produk tsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.