KeRis GCA Matematika datangkan Pakar dari Slovack dalam One Day Workshop on Graph Labeling

KeRis Graph, Combinatorics, and Algebra (GCA) Matematika FMIPA UNEJ yang di motori oleh Dr. Kristiana Wijaya selenggarakan kuliah tamu “One Day Workshop on Graph Labeling” di Ruang Multimedia Jurusan Matematika FMIPA (16/7) dengan pembicara Martin Bača dan Andrea Fenovcikova dari Technical University of Košice Slovack. Workshop diikuti para dosen matematika, mahasiswa sarjana dan magister dengan minat graf. KeRis GCA Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember adalah salah satu dari 4 Kelompok Riset (KeRis) di lingkungan Universitas Jember yang ikut selenggarakanInternational Conference on Graph Theory and Information Security (ICGTIS) tahun 2019 (17-19/7) di Greenhill Rembangan Jember. Bersama dengan KeRis Network and Security (NS) dari Fakultas Ilmu Komputer, KeRis Kombinatorika, Komputasi, Statistik, dan Pembelajarannya (KOMPUSTABEL) dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Combinatorics, Graph Theory and Network Topology (CGANT) Research Group akan mengembangkan Teori Graf di Universitas Jember.

“Kita tidak kalah dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia, dalam memajukan teori graf di Indonesia. UNEJ memiliki pakar yang handal dalam bidang graf seperti pelabelan graf, konektifitas, jaringan komunikasi, teori kode dan kriptografi” ungkap Prof. Slamin dalam sambutan pembukaan ICGTIS yang keempat pada tahun ini dengan mengundang 9 (sembilan) invited speakers, 3 (tiga) ilmuwan dari dalam negeri yaitu ITB, UI dan USU serta 6 (enam) ilmuwan dari luar negeri yakni Australia, Slovakia dan Spanyol. Kegiatan ini dihadiri oleh 93 peserta dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Australia, Filipina, India, Indonesia, Malaysia, Perancis, Slovakia, Spanyol dan Uni Emirat Arab.

Moh. Hasan Rektor Universitas Jember yang membuka kegiatan ini menyambut positif dan berharap akan membuka peluang kerja sama UNEJ dengan universitas asal pembicara dari dalam maupun luar negeri. “ICGTIS 2019 yang keempat ini didedikasikan untuk Dr. Kiki Ariyanti Sugeng dari Universitas Jember yang menjelang usia 60 tahun, Ibu Kiki adalah Presiden InaCombS yang kedua, InaCombS adalah Indonesian Combinatorial Society atau Himpunan Profesi Masyarakat Kombinatorika Indonesia” lanjut Slamin yang sekarang menjabat Presiden InaCombS ketiga. InaCombS selalu mengadakan konferensi, yang uniknya alasan konferensi diadakan untuk memperingati ulang tahun ke-55, ke-60, ke-65, dan seterusnya dari orang-orang yang mempunyai kontribusi di InaCombS. “Selain presentasi dari invited speakers kami mengadakan parallel session yang dibagi menjadi 4 kelas selama dua hari, diujung acara diselenggarakan gala dinner di rektorat UNEJ dan tour” pungkasnya.

KeRis Graph, Combinatorics, and Algebra (GCA) Matematika FMIPA UNEJ yang di motori Dr. Kristiana Wijaya, sehari sebelumnya mengadakan kuliah tamu “One Day Workshop on Graph Labeling” di Ruang Multimedia Jurusan Matematika FMIPA (16/7) dengan pembicara Martin Bača dan Andrea Fenovcikova dari Technical University of Košice Slovack. Workshop diikuti para dosen matematika dibidang graf, mahasiswa sarjana dan magister dengan minat graf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.