Gandeng Inixindo Surabaya, Mahasiswa Matematika FMIPA dibekali Sertifikasi Profesi dari BNSP

Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember menggandeng Inixindo Surabaya menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Profesi “Java Programmer”. Diikuti mahasiswa jurusan matematika, pelatihan dan ujian online dilaksanakan dalam 2 gelombang yakni tanggal 18-20 dan 25-27 Oktober 2019 bertempat di Laboratorium Matematika Dasar FMIPA UNEJ. “Tiap peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari Inixindo Surabaya dan sertifikat profesi dari BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi” jelas Abduh Riski, S.Si., M.Si selaku sekretaris panitia. Riski lebih lanjut menjelaskan kegiatan training in house dengan tema java programmer ini sejalan dengan salah satu mata kuliah praktikum di jurusan matematika. “Dan lebihnya lagi mahasiswa akan membawa bekal sertifikat profesi dari BNSP yang nantinya akan tertuang dalam SKPI pada saat kelulusan mahasiswa” tutupnya.

Inixindo sendiri adalah salah satu lembaga yang kredibel dalam penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi dalam bidang informatika. Dengan mengirimkan tenaga profesionalnya untuk melatih dan mempersiapkan ujian secara online guna mendapatkan sertifikast profesi dari BNSP. Laboratorium Matematika Dasar pun telah memenuhi prasyarat untuk pelaksanaan pelatihan dan ujian. Didukung komputer unit dengan spesifikasi terkini yakni Intel Pentium Core 7, Memory 8 GB, Harddrive 1 TB dan juga jaringan internet yang teruji dalam pelaksanaan UTBK Nasional kemarin.

Tiap gelombang pelatihan dan ujian diikuti 32 mahasiswa dengan pengajar Ibu Mirna dari Inixindo, peserta diperkenalkan pemrograman dengan Java.  Diawali dengan keunggulan dari java, apa saja komponen dalam java, hingga pembuatan program java menggunakan aplikasi eclipse. “Tipe data dalam java dibagi menjadi 2 yakni primitive dan reference types, ini sebagai dasar  untuk pemrograman java” awal Ibu Mirna. Lebih lanjut dibahas juga pembuatan casting, java array, methods, input output hingga program control. “Materi dan pemrograman yang kita bahas dalam 2 hari ini adalah sebagai persiapan untuk pelaksanaan ujian diakhir pelatihan, setiap pokok bahasan akan kita buatkan contoh program agar mudah untuk dipahami” lanjutnya.

Pelaksanan ujian berlangsung di hari terakhir pada setiap gelombangnya. Waktu yang dialokasikan adalah 3 jam. Peserta mengawali dengan pengisian data pribadi, dengan melanjutkan pengerjaan soal yang berasal dari BNSP. Hasil atau nilai akan muncul secara otomatis setelah peserta memilih akhir soal ujian. Komposisi ujiannya adalah beberapa soal pilihan dan essay dalam hal ini pembuatan program Java.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.