Himpunan Alumni Magister Matematika FMIPA gelar DSTC pelajari Machine dan Deep Learning

Himpunan Alumni Magister Matematika FMIPA UNEJ selenggarakan pelatihan tentang Machine dan Deep Learning dengan menggunakan bahasa pemrograman python, kenapa? karena machine dan deep learning adalah salah satu ilmu teknologi yang populer dewasa ini” ungkap Dr. Alfian Futuhulhadi, S.Si., M.Si. selaku Ketua Program Studi Magister Matematika FMIPA UNEJ. Lebih lanjut, Alfian mengungkapkan bahwa kegiatan Data Science Training Series 2019 dengan tema “Be a Data Scientist with DSTC (Data Scientist Training Center) bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa menggunakan bahasa pemrograman python, sekaligus menyelesaikan permasalahan machine learning dengan python. “Peserta juga diberikan wawasan baru tentang machine dan deep learning agar mampu berkreativitas dalam mengembangkan program” lanjutnya.

Alfian juga berharap melalui praktik langsung dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi, khususnya dalam persoalan analisis data dalam jumlah besar, sehingga dapat diselesaikan dengan program yang tepat dan efisien juga. “Saya berharap pelatihan ini dapat menjadi bekal bagi peserta kelak setelah lulus kuliah dapat menghadapi kemajuan teknologi di era industri 4.0 saat ini” pungkasnya.

Pelatihan Data Science Series 2019 diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu mulai tanggal 2 -3, 23 – 24 Nopember 2019 dan 30 Nopember – 1 Desember 2019 yang bertempat di Laboratorium Matematika Dasar Lantai 2 Gedung Matematika FMIPA UNEJ. “DSTC akan dilaksanakan pada akhir pekan yakni sabtu – minggu dimulai dengan pengenalan dan dasar- dasar Python dan Machine Learning hingga akhir nanti membahas Unsupervised RBM, Autoencoder dan WordCloud” jelas Ahmad Rizqi Pratama, S.Si. selaku ketua panitia DSTC.

DSTC 2019 diikuti oleh 18 peserta dari Fakultas MIPA, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilkom di lingkungan Universitas Jember juga perguruan tinggi di Kabupaten Jember. Peserta akan didampingi oleh pemateri – pemateri yang tersertifikasi dalam bidang tersebut. Rizqi juga menjelaskan peserta dilatih menggunakan aplikasi Anaconda untuk mempermudah dalam pemrogram python. “Dengan dukungan komputer yang mumpuni dan koneksi yang handal, penggunaan Anaconda sebagai aplikasi mempermudah peserta dalam menggunakan bahasa python” tutupnya.

One Reply to “Himpunan Alumni Magister Matematika FMIPA gelar DSTC pelajari Machine dan Deep Learning”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.