Dr. Santi Wulan dari ITS: Deteksi dini kanker dan tumor dengan Support Vector Machine

“Penerapan Support Vector Machine (SVM) diantaranya untuk pengklasifikasian data ekspresi Gen. Data tersebut digunakan untuk medeteksi dini secara akurat seorang pasien berpotensi mengidap penyakit kanker atau tidak. Pun dengan penyakit tumor atau kanker serviks dapat terindetifikasi di awal” ungkap Dr. Santi Wulan Purnami, S.Si., M.Si dari Departemen Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam acara Guest Lecture and Focus Group Discussion dengan tema “A Statistical Potrait of Support Vector Machine for Classification and Regression on Gene Expression Data” (16-17/11). Acara yang digelar oleh Data Science Research Group Jurusan Matematika FMIPA UNEJ berlangsung di gedung CDAST Universitas Jember. Dr. Santi Wulan juga menjelaskan SVM secara lengkap, dimulai dari konsep dasar matematis yang menjadi background SVM hingga penerapannya. “SVM merupakan salah satu algoritma machine learning yang cukup populer digunakan karena mampu mengenali model, baik linier maupun non linier, dengan sangat baik” imbuhnya.

Lebih lanjut Dr. Santi Wulan juga menceritakan bahwa meski SVM terbatas pada model biner, SVM memiliki kelebihan untuk mampu mencapai optimum global yang jarang dimiliki oleh agoritma machine learning lainnya. “Sejak diperkenalkan pada tahun 1995, SVM telah banyak diterapkan pada beberapa permasalahan, dan SVM sendiri telah dikembangkan sehingga tercipta bentuk-bentuk lain dari SVM, sebut saja Smooth SVM dan Reduce SVM” paparnya dihadapan para peserta mahasiswa program studi sarjana dan magister matematika.

Sebelumnya Dr. Alfian Futuhulhadi, S.Si, M.Si selaku Ketua Data Science Research Group menyampaikan rasa terima kasih kepada Dr. Santi Wulan Purnami, S.Si., M.Si dapat meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dalam agenda kuliah tamu. “Beberapa kali kita menyelenggarakan kuliah tamu dengan tujuan agar mahasiswa semakin banyak pengetahuan baru khususnya dalam bidang statistika dan matematika pada umumnya” sambutnya di hadapan tamu undangan yang berkesempatan hadir diantaranya Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember, Andrei Ramani, S.Km., M.Kes dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Halimatus Sadiyah, S.Si., M.Si dari Fakultas Pertanian dan beberapa dosen dari prodi Matematika FMIPA.

Dokumentasi Kuliah Tamu

Dekan FMIPA UNEJ, Drs. Sujito, Ph.D. mengatakan kegiatan kuliah tamu selain bagus untuk mahasiswa juga bisa menjadi sarana penunjang pada nantinya dalam proses akreditasi. “Kuliah tamu bisa digunakan sebagai penunjang akreditasi prodi yang kedepan semakin komplek dengan standar yang makin banyak. Juga menjadi modal dalam pendirian program studi baru yakni program studi statistika di FMIPA Universitas Jember” pesan Dekan yang dalam kesempatan tersebut membuka acara secara resmi.

Pada kuliah tamu tersebut Dr. Santi Wulan juga menunjukkan proses pemerolehan data ekspresi gen, melalui virtual laboratory, sehingga peserta acara yang notabene tidak memiliki latar belakang kesehatan menjadi tergambarkan secara jelas proses data ekspresi gen diperoleh. Diujung acara peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi yang dimoderatori oleh Dian Anggraeni, S.Si., M.Si. (ris/yo2k)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.