Pengenalan Dosen dan Staf Matematika serta Perwalian MABA 2020 secara Daring

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, pengenalan dosen dan staf Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember serta perwalian mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 dilaksanakan secara daring (15/9). HIMATIKA sebagai host acara memperkenalkan dosen pengajar program studi sarjana matematika dan staf jurusan matematika kepada 121 mahasiswa baru. Kusbudiono, S.Si., M.Si. Ketua Jurusan Matematika FMIPA berharap meski secara daring, mahasiswa baru bisa mengenal seluruh dosen dan tendik yang berada di lingkungan Matematika. “Melalui media daring ini diharapkan mahasiswa baru bisa mengenal dosen yang mengajar mendampingiĀ Anda semua hingga lulus dari Jurusan Matematika.” ungkapnya. Tiap dosen pun memperkenalkan diri dengan memberikan pesan kepada seluruh maba. Dr. Agustina Pradjaningsih diantaranya, berharap agar euforia maba yang telah diterima di PTN khususnya Universitas Jember untuk dijadikan semangat baru untuk mengawali perkuliahan.

Setelah perkelanan, juga diberikan kesempatan kepada maba untuk menanyakan seputar jurusan matematika termasuk perkuliahan yang akan mereka hadapi. “Apa tips dan trik agar menjadi lulusan dengan predikat cumlaude” tanya salah satu maba. Bagus Juliyanto, S.Si., M.Si. salah satu dosen yang juga alumni jurusan matematika dengan raihan cumlaude membeberkan cara untuk mencapainya. “Belajar tekun, bertanya kepada kakak tingkat dan sering berkonsultasi kepada dosen mata kuliah” ujarnya. Maba juga menanyakan tentang matematika dan bidang akturia yang kini menjadi ladang pekerjaan yang menjanjikan. Dr. Alfian Futuhulhadi menjelaskan bahwa akturia bisa dibilang merupakan bagian dari matematika khususnya statistika. “aktuaria ialah bidang ilmu yang menerapkan metode matematika dan statistika untuk mengukur risiko dalam asuransi, produk-produk keuangan, serta industri danĀ ilmu aktuaria menerapkan matematika untuk memodelkan hal-hal yang tidak pasti” jelasnya.

Mahasiswa baru jurusan matematika juga melaksakan perwalian dosen usai acara perkenalan. Masih dengan daring maba dibagi menjadi 2 kelompok untuk proses perwalian menggunakan 2 akun yang berbeda, Pada sesi ini kembali maba bisa lebih mengenal dan menanyakan lebih khusus tentang perkuliahan di jurusan matematika. Sore harinya maba melaksanakan KRS secara serentak di SISTER Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.