Webinar MOCo: Penerapan Riset Operasi pada Industri dengan Motode Metaheuristik

Kelompok Riset MOCo (Mathematical Optimization and Computation) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember selenggarakan webinar dengan tema Penerapan Riset Operasi pada Industri Menggunakan Metode Metaheuristik dengan pembicara Wayan Firdaus Mahmudy, M.T., Ph.D. yang juga Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya¬†(22/10). “Permasalahan apa saja pada industri yang sering terjadi, diantaranya jobshop atau flowshop. Semua akan kita bahas dalam webinar kali ini” awalnya di hadapan 194 peserta dari 21 instansi yang menggunakan layanan zoom juga streaming youtube. Lebih lanjut Wayan menjelaskan mengenai solusi dari permasalahan tersebut mulai dari solusi analitik, numerik hingga metaheuristik. “Adapun metode metaheuristik yang digunakan sebagai contoh adalah algoritma genetik, PSO dan beberapa algoritma lainnya” lanjutnya. Disampaikan juga beberapa contoh permasalahan diantaranya penjadwalan kuliah fakultas, penjadwalan tenaga kesehatan, komposisi pakan ternak potong hingga forecasting: penentuan model.

Webinar juga membuka forum diskusi melalui chat room atau youtube chat yang dilaksanakan kurang lebih selama dua jam dengan dimoderatori oleh Dr. Kiswara Agung Santoso, M.Kom. Webinar ini diadakan sebagai salah satu komitmen kelompok riset MOCo dalam meningkatkan kualitas tugas akhir mahasiswa khususnya yang mengambil bidang riset operasi.

Sebelumnya, webinar dengan pembawa acara Dr.Agustina Pradjaningsih, M.Si dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika Kusbudiono, S.Si., M.Si. Dalam sambutanya Kajur menyampaikan bahwa Matematika memilik 5 Kelompok Riset atau KeRis yakni¬†Mathematical Optimization & Computation (MOCo), Pemodelan Matematika, GERBANGMATA (Geometri Rancang Bangun dan Matematika Analisis), Data Science dan Graph, Combinatorics, and Algebra Research Group (GCA). “Melalui kegiatan ini bisa saling tukar informasi untuk kemajuan penelitian kita bersama” ujarnya. Ahmad Kamsyakawuni, M.Si sebagai ketua MOCo juga berharap dengan pelaksanaan webinar ini permasalahan-permasalahan mengenai riset operasi dapat terselsaikan dengan metoda metaheuristik melalu sharing dari pemateri ataupun dari peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.