Open Talk HIMATIKA 2015

opentalk_himatika_2015Sama seperti tahun sebelumnya pada tanggal 19 Oktober 2015 bertempat di Ruang Kuliah Lantai Atas Gedung Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) menyelenggarakan Open Talk dengan tema “Langkah Berintegritas dalam Mewujudkan Tujuan Bersama”. Hadir dalam Open Talk kali ini Ketua Jurusan Matematika Kosala Dwidja Purnomo, S.Si., M.Si., Sekretaris Jurusan Matematika Kusbudiono, S.Si., M.Si. dan beberapa staf pengajar di Jurusan Matematika diantaranya : Drs. Rusli Hidayat, M.Sc., Dr. Alfian Futuhulhadi, S.Si., M.Si., M. Zial Arif, S.Si., M.Sc. dan Abduh Riski, S.Si., M.Si.

Dengan format lesehan diharapkan wadah Open Talk ini mampu menjadikan jembatan penghubung antara mahasiswa, dosen dan pihak pengelola Jurusan Matematika. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jurusan Matematika Kusbudiono, S.Si., M.Si. dalam sambutan di pembukaan acara Open Talk Himatika 2015. Selanjutnya acara dibagi menjadi 3 sesi tanya jawab, yang pengaturan pengajuan pertanyaan berdasar tiap Angkatan.

Pada sesi pertama, ada beberapa pertanyaan yang diajukan diantara permasalahan keamanan parkir, kenyamanan taman, akses hotspot/wifi jurusan, fasilitas kamar mandi mahasiswa dan kondisi kursi di ruang perkuliahan. Sekretaris Jurusan Matematika menjawabnya bahwa untuk keamanan parkir selain tanggung jawab pihak fakultas keamanan juga menjadi tanggung jawab masing – masing pemilik kendaraan itu sendiri, untuk taman pengelola ada pada pihak dekanat dan sepenuhnya didukung oleh jurusan, masalah kamar mandi di Jurusan Matematia Bapak Rusli Hidayat juga menyampaikan penyebabnya adalah adanya salah satu jalur pembuangan yang bermasalah dan itu perlu pembenahan khusus karena ada di lantai 2. Demikian pula untuk kursi beberapa kali sudah dilakukakn perbaikan tapi karena pemakaian yang tinggi dan seringnya berpindah tempat itu juga menjadi salah satu sebab rusaknya kursi perkuliahan.

Khusus untuk hotspot/wifi, pihak manajemen Jurusan Matematika telah menyediakan 3 hotspot/wifi dan ditambah 1 hotspot dari Universitas Jember, ada pun keluhan mahasiswa yang merasa sedikit terganggu dengan banyaknya pengguna non warga FMIPA, menurut Bapak Alfian salah satu penyebabnya adalah kurangnya tugas – tugas yang langsung bersentuhan dengan kegiatan on-line seperti e-learning dan sebagainya. Diharapkan dengan banyaknya tugas online maka pengguna dari warga FMIPA khususnya Jurusan Matematika akan semakin meningkat dan secara otomatis akan mengeser pengguna dari luar. Selain itu juga tersedia layanan Wifi.id dari Telkom Indonesia yang telah bekerja sama dengan Universitas Jember.

Ketua Jurusan Matematika, Bapak Kosala Dwidja Purnomo pada kesempatan Open Talk Himatika 2015 ini menyampaikan agar mahasiswa matematika meningkatkan kreatifitas dalam penulisan karya ilmiah dengan memanfaatkan segala fasilitas yang ada di Jurusan Matematika. Hal ini diungkapkan agar semakin banyak mahasiswa yang tampil di level nasional seperti PIMNAS 2015 kemarin yang diwakili salah satunya dari tim mahasiswa Jurusan Matematika. Dan pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas dari mahasiswa dan berujung pada peningkatan Akreditasi Jurusan Matematika yang tahun ini habis masa aktifnya sehingga menghasilkan nilai yang sangat memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.