Kuliah Tamu Pemodelan Matematika

DSCN7319Apa definisi Matematika? itu pertanyaan yang sering ditanyakan beberapa orang kepada praktisi Matematika. Hal tersebut yang pertama kali dilontarkan oleh Prof. Dr. Edi Cahyono, M.Si. dalam acara Kuliah Tamu Pemodelan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember (12/8). Guru Besar Matematika Terapan dan Industri di Jurusan Matematika Universitas Halu Oleo ini juga memaparkan pentingnya matematika “Untuk apa matematika itu?, kenapa harus belajar matematika? dan apa pentingnya menjadi seorang matematikawan ” ujarnya. Merujuk dari Society of Industrial and Applied Mathematics (SIAM) selanjutnya beliau menyimpulkan bahwa penggunaan matematika di industri berkembang pesat, matematikawan memberi kontribusi pada keunggulan teknis, dan penghematan biaya melalui pemodelan matematika, analisis matematika dan perhitungan numerik.

Prof Edi melanjutkan materinya bahwa perkembangan pemodelan matematika yang ada di Indonesia. Hal ini terjadi bukan hanya dalam Program Studi Matematika, tetapi juga pada bidang ilmu lain seperti ekonomi maupun rekayasa/teknik/engineering. Wakil Presiden III Bidang Organisasi dan Kerjasama The Indonesia Mathematical Society (IndoMS) juga memberikan contoh pemodelan matematika tentang gerak ayunan. Fenomena ini memberikan model tak linear. Walaupun ekspresi matematis solusi analitiknya belum diketahui, solusinya secara kualitatif dapat digambarkan dalam bidang fase. Lebih dari itu, untuk kasus ayunan dengan sudut kecil, modelnya dapat dilinearisasi, dan solusi analitiknya dapat dituliskan dalam fungsi matematis.

DSCN7318 DSCN7321

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Jurusan Matematika FMIPA Kusbudiono, S.Si., M.Si. menyampaikan bahwa acara kuliah tamu dilaksanakan sebagai agenda rutin yang diadakan sampai dengan 4 kali dalam satu tahun. Diharapkan kuliah tamu ini bisa menjadi sarana sharing dari pemateri dengan kolega dosen, mahasiswa magister dan mahasiswa sarjana yang akan menempuh tugas akhir khususnya bidang pemodelan matematika. Acara kuliah tamu berlangsung hingga siang dengan dipandu moderator Dr. Mohamat Fatekurohman, S.Si., M.Si.

Di penghujung acara Prof. Edi yang alumnus Program Applied Mathematics University of Twente Belanda ini memberikan cinderamata buku “Pemodelan Matematika” kepada Ketua Jurusan Matematika. Buku tersebut membahas beberapa topik untuk membekali setiap pembaca dengan pengalaman membangun model matematika. Salah satu topiknya adalah membahas tentang pemodelan yang diambil dari permasalahan di bidang industri. Berbagai masalah tersebut merupakan pengalaman Prof Edi dalam penelitian baik secara pribadi, bersama tim dosen, para aktivis di bidang industri, maupun para mahasiswa dalam proses pembimbingan tugas akhir.

Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *