Sosialisasi Virtual Statistics Laboratory

DSCN7482Berawal dari kurang populernya piranti lunak berbasis non-komersial khususnya R di kalangan praktisi statistika, Virtual Statistics Laboratory atau Pondok Statistika dirancang dengan berbasis toolkits R-shiny, untuk membuat interface GUI-web. Dengan tujuan menggunakan visualisasi R tanpa harus menguasai bahasa R, karena komunikasi dengan pengguna dapat dilakukan dengan ramah melalui web. Ulasan tersebut disampaikan oleh Prof. Drs. I Made Tirta, M.Sc., Ph.D. dalam acara Sosialisasi dan Pelatihan Tutorial dan Analisis Data Online serta launching Virtual Statistics Laboratory Laboratorium Statistika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Jember (2/9). Guru Besar Statistika tersebut melanjutkan konten web berbentuk tutorial/hand out/ lecture notes elektronik yang ilustrasinya disajikan dengan simulasi langsung dengan R. Dokumen yang ada, juga memuat notasi matematika dengan benar melalui kemampuan LaTeX pada MathJax.

Acara diikuti peserta perwakilan dari beberapa Program Studi Magister di Universitas Jember diantaranya : Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Magister Bioteknologi, Magister Ilmu Linguistik, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Teknologi Agroindustri, Magister Teknik Mesin dan Magister Manajemen. Juga peserta dari praktisi dan peminat statistika di Kabupaten Jember. Drs. Sujito, Ph.D. Dekan FMIPA Universitas Jember dalam sambutan sekaligus peresmian pembukaan acara menyampaikan rasa terima kasih dan bangga kepada pengelola Virtual Statistics Laboratory dalam mengembangkan sarana belajar yang praktis dan mudah untuk dipahami. Apalagi di era digital yang makin berkembang pesat, Laboratorium Statistika Jurusan Matematika FMIPA mampu menjadi bagian dari kemajuan tersebut.

DSCN7488 DSCN7491
DSCN7479 DSCN7468

Dari sisi konten dan akses web, Andrei Ramani, S.KM., M.Kes selaku Sekretaris UPTTI Universitas Jember mengulas beberapa cara dan upaya yang harus dibenahi demi menaikkan rating pengunjung dan juga memancing minat praktisi statistika untuk belajar bersama di Virtual Statistics Laboratory. Tata letak yang harus disesuaikan dan berurutan akan membantu pengguna untuk surfing di konten web. “Penggunaan counter pengunjung harus diperhatikan, jangan sampai berakhir pada blunder tidak dapat diaksesnya suatu web” imbuh tenaga pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember ini.

Dr. Nur Chamidah, S.Si., M.Si dari Universitas Airlangga Surabaya menambahkan beberapa masukan bagi web Virtual Statistics Laboratory. Beliau lebih menekankan pada bagian kandungan topik statistika yang dituangkan dalam beberapa contoh. Di penghujung acara Prof. Made mengajak kepada peserta untuk menjadi kontributor, tentang teknis bisa diatur dengan penambahan user di server untuk memudahkan dalam pengelolahan program dan data. Untuk pengembangan ke depan diharapkan masukan dari peserta sosialisasi berupa kuesioner tentang web yang baru diluncurkan secara resmi tersebut. (dokumentasi)

Bagikan ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *