Salah satu kegiatan HIMATIKA ada Open Talk yang berlangsung reguler setiap tahunnya. Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) menyelenggarakan Open Talk dengan tema “Open Talk sebagai Sarana Penyalur Aspirasi Mahasiswa Demi Kemajuan Jurusan Matematika” pada tanggal 20 Oktober 2014 di Ruang Kuliah II Lantai 2 Jurusan Matematika. Hadir dalam acara ini Prof. I Made Tirta (Guru Besar bidang Statistika), Rusli Hidayat, M.Sc. (Ketua Lab Komputasi), Ahmad Kamsyakawuni, M.Kom (Ketua Lab Dasar Matematika), Ziaul Arif, M.Sc (Dosen Matematika), Ikhsan, M.Si. (Dosen Matematika) dan Siswanto, M.Si (Pembantu Dekan I FMIPA). Banyak ide dan usulan yang disampaikan oleh mahasiswa kepada dosen dan pihak Jurusan Matematika. Akan tetapi dalam open talk show ini lebih bisa disebut sebagai ajang curhat para mahasiswa.

DSCN2592 ruang_SAC2_800

Mulai dari usulan sistem perkuliahan khususnya ujian yang diharapkan salah satu mahasiswa pengusul agar dosen lebih ketat dalam pengawasan, hingga usulan penambahan terminal listrik di joglo Jurusan Matematika yang sebagai tempat mangkal mahasiswa dalam membahas bersama soal maupun tugas. Pihak Jurusan yang diwakili Pak Rusli menyampaikan peningkatan kualitas pengajar telah banyak mengalami kemajuan, seiring adanya workshop atau pelatihan di level jurusan hingga universitas. Demikian hal nya tentang atmosfir belajar mengajar, PD I FMIPA berpendapat dengan adanya SISTER, E-Learning dan SIBETA akan membuat kemudahan bagi mahasiswa. Segala proses administratif bisa terselsaikan secara online, interkasi dengan dosenpun lebih mudah dimanapun dan kapanpun.

Sarana prasarana juga bagian penting yang terus ditingkatkan oleh Jurusan Matematika. Pengadaan Ruang Baca yang representatif, Access Point non stop yang bisa diakses lantai 1 dan 2, peremajaan LCD Projector hingga perbaikan kursi kuliah. Mahasiswa berharap adanya Open Talk ini sebagi media untuk konsultasi antar mahasiswa dengan dosen agar kemajuan bersama di Jurusan Matematika bisa tercapai.