Bioteknologi untuk Peningkatan Nutrisi Sumber Pangan

Text mining telah secara luas digunakan untuk menggali informasi dari sekumpulan data teks. Kemampuannya dalam membantu menemukan informasi tersembunyi dari data teks yang sangat banyak telah memberikan manfaat kepada berbagai pihak, baik dari pemerintah, peneliti hingga pengusaha. Data teks yang sangat banyak terdapat pada dunia maya (web dan media sosial) menjadi tambang informasi di era digital ini.

Universitas Jember menjadi salah satu perguruan tinggi yang ikut andil dalam peningkatan kualitas tanaman pangan Indonesia. Jenis tanaman yang dimaksud adalah tanaman tebu yang memilki rasa lebih manis dibanding dengan tebu pada umumnya. Usaha peningkatan kualitas tanaman pangan tersebut melalui bioteknologi. Yaitu ilmu yang menggunakan pendekatan makhluk hidup untuk menghasilkan suatu produk dan meningkatkan kualitasnya. Pengaplikasian bioteknologi ini dengan cara memanfaatkan sistem alami yang terdapat didalam tumbuhan melalui penambahan sifat tertentu, salah satunya peningkatan sukrosa dengan tujuan gula yang dihasilkan dari tebu lebih manis.

Tanaman produk bioteknologi ini membawa keunggulan seperti tahan herbisida, mempunyai sifat-sifat khusus misalnya pada tingkat kematangan tomat  yang lama sehingga tomat tidak mudah busuk, kedelai dengan rendah lemak tak jenuh, padi yang memproduksi beta-caroten dan vitamin A serta lain sebagainya. Disamping itu, tanaman ini mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang buruk. Hal itu sangat menguntungkan, mengingat cuaca di Indonesia cukup ekstrem saat ini.

Aplikasi bioteknologi sampai saat ini masih memunculkan pro dan kontra di kalangan praktisi saintis, pertanian, dan masyarakat umum. Selain mengganggu keseimbangan lingkungan, masyarakat dikhawatirkan dengan munculnya zat yang dapat menyebabkan alergi yang baru hingga menjadi racun dalam pengonsumsiannya.  Guna peningkatan dan pengembangannya, dibutuhkan pendapat publik tentang produk bioteknologi ini. Selain dengan memanfaatkan data dari jaringan media sosial, juga akan dilakukan survei melalui pengumpulan data berbentuk kuesioner. Nantinya data teks yang telah diperoleh tersebut akan diolah melalui text mining dengan harapan memberi informasi tentang persepsi dan kepercayaan publik terhadap produk bioteknologi tersebut.

sumber gambar : https://news.labsatu.com/tanaman-tebu-menyimpan-manfaat-dari-berbagai-sisi/