Pelatihan Kewirausahaan berbasis Matematika

Mahasiswa Jurusan Matematika khususnya peserta PKM pada tanggal 13 September 2014 mDSCN2291endapatkan pembekalan materi tentang kewirausahaan oleh Tim PKM Universitas Jember. Pada kesempatan pertama, Dr. Agung Budi Santoso, M.Si menyampaikan kiat – kiat kewirausahaan berdasarkan pengalaman selama ini membimbing mahasiswa PKM di level universitas. Pelatihan yang bertema “Pelatihan Kewirausahaan berbasis Matematika“, berlangsung interaktif dan banyak pertanyaan dari mahasiswa tentang bagaimana membuat proposal yang baik dan sesuai dengan tema. Acara ini terselenggara dengan menggunakan dana BOPTN Jurusan Matematika.

Pada sesi kedua pemateri Dr. Andang Suhariyanto, beliau adalah mantan Pembantu Rektor III Universitas Jember sekaligus mantan Sekretaris Panitia Nasional PKM yang diselenggarakan di Semarang. Beliau menyampaikan presentasi bagaimana proposal bisa bersaing di level nasional. Proposal yang diajukan banyak, akan tetapi mutu yang berkualitas dan berkesesuaian dengan judul proposal hanya beberapa saja. PKM di Universitas Jember sendiri telah melakukan kualifikasi di level fakultas, diharapkan oleh beliau bahwa proposal yang terkirim adalah yang sesuai kriteria karean akan bersaing dengan ribuan proposal di level nasional. Perlu diketahui juga di FMIPA Universitas Jember diadakan juga pembimbingan penulisan proposal PKM oleh dosen – dosen terpilih dibawah arahan Pembantu Dekan III FMIPA.

Acara Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Matematika ini akan berlangsung 2 hari, untuk besok akan menghadirkan pemateri dosen dari FKM dan Ketua LPM Universitas Jember. Ketua Jurusan berharap dengan kegiatan ini bukan hanya sekedar penyampaian bimbingan pembuatan proposal saja, tetapi akan menjadikan mahasiswa yang mempunyai interprener setelah selesaikan masa studinya. Bukan mencari lapangan kerja, tapi lebih menciptakan lapangan usaha yang baru sesuai dengan bidangnya khususnya matematika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.